Pemprov Babel Pastikan G20 di Belitung Tetap Berjalan dan Tidak Dibatalkan
Sekretaris Daerah Pemprov BabelĀ  (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pelaksanaan Development Working Group (DWG) G20 di Pulau Belitung dipastikan oleh pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tetap berjalan sesuai rencana.

"Baru saja Gubernur menggelar pertemuan secara virtual untuk memastikannya G20 di Belitung tetap dilaksanakan pada 7-9 September 2022," kata Sekretaris Daerah Pemprov Babel Naziarto, di Pangkalpinang, Jumat.

Penjabat Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin menggelar pertemuan melalui virtual bersama Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kemensetneg, Kemenko Bidang Perekonomian serta keuangan negara.

"Adanya informasi yang beredar bahwa G20 di Belitung dibatalkan, itu hanya salah asumsi, karena pada prinsipnya kegiatan tetap digelar dan persiapan kami sudah sangat matang," katanya.

Acara G20 di Belitung Dibatalkan

Sekda menjelaskan, beredarnya informasi bahwa G20 di Belitung dibatalkan, karena terjadi kesalahan dalam menerjemahkan isi surat Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Nomor: B-588/M/D-1/HK.03.02/07/2022 tanggal 4 Juli 2022.

Pada pointer pertama dalam surat tersebut dijelaskan bahwa berdasarkan hasil koordinasi Kementerian PUPR dengan Kemensetneg dan Kemenko Bidang Perekonomian serta keuangan negara, maka penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 pada DWG di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibatalkan.

Pelaksanaan G20 di Belitung Tidak Dibatalkan

Pada pointer pertama dalam surat tersebut bukan membatalkan DWG G20 di Belitung, tetapi itu ditujukan untuk Kementerian PUPR terkait skema pendanaan percepatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dalam mendukung acara internasional tersebut.

"Surat itu hanya memastikan perpres tidak perlu dilakukan khusus untuk substansi Kementerian PUPR, bukan dimaksud membatalkan G20 di Belitung," katanya pula.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.