Menjadi Tuan Rumah G20, Belitung Semakin Matangkan Persiapan Menyambut Pertemuan Menteri Pembangunan Internasional
Bupati Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Persiapan sebagai tuan rumah pertemuan Menteri Pembangunan G20 semakin dimatangkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. G20 bakal diselenggarakan di Belitung pada 7-9 September 2022.

"Kami terus melakukan persiapan dalam menyambut pelaksanaan pertemuan G20," kata Bupati Belitung Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Senin.

Persiapan G20 di Belitung Menggunakan Anggaran Pemprov

Bupati memastikan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu tetap berjalan sesuai rencana pada 7-9 September mendatang. Ia mengatakan meskipun tidak mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat karena mempertimbangkan kondisi keuangan negara, pelaksanaan pertemuan G20 tetap berjalan dengan dukungan anggaran dari pemerintah daerah dan provinsi.

"Pelaksanaan G20 tetap berjalan, tidak ada acara, kalau yang kemarin itu hanya dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat, bukan pelaksanaan kegiatan," ujarnya.

"Dari sisi anggaran memang ada yang menjadi kewenangan kami, maka dari situlah kami akan menyediakan anggaran untuk mendukung sarana dan prasarana pelaksanaan G20," katanya.

Persiapan Belitung Menyambut Acara G20

Ia menyebutkan persiapan yang terus dilakukan, antara lain, memastikan fasilitas kesehatan, salah satunya RSUD Marsidi Judono Belitung, guna menyambut G20 serta infrastruktur pendukung lainnya.

"Pembangunan infrastruktur ini sebelumnya memang sudah terakomodasi dalam APBD, seperti perawatan maupun pemeliharaan jalan dan infrastruktur pendukung lain," ujarnya.

Ia berharap semua pihak dapat menyambut pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 di daerah itu dengan rasa optimistis.

"Kami memastikan kepada masyarakat pelaksanaan pertemuan tingkat Menteri Pembangunan G20 kami pastikan tetap berjalan," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.