Beliting Batal Menjadi Tuan Rumah G20, Pemerintah Berikan Alasannya
Pejabat (Pj) Kepulauan Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Agenda Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dibatalkan oleh pemerintah. Rencananya Belitung menjadi tuan rumah dalam acara yang digelar pada 7-9 September 2022.

"Kami sudah berkomunikasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional terkait G20 di Belitung ini," kata Pejabat (Pj) Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, pembatalan G20 di Provinsi Kepulauan Babel ini dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-588/M/ D-1/HK.03.02/07/2022 tentang Penyampaian Kesepakatan Klarifikasi Permohonan Izin Prakarsa Penyusunan Rancangan Peraturan Presiden tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, DKI Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pembatalan G20 di Belitung

Dalam rancangan Peraturan Presiden tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan G20 tersebut ditandatangani oleh Mensesneg Pratikno disebutkan bahwa berdasarkan hasil koordinasi Kementerian PUPR dengan Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta kemampuan keuangan negara, maka penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 pada Development Walking Group di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibatalkan.

"Kami sedang membahas G20 di Belitung ini dengan Kementerian Bappenas," kata Ridwan Djamaluddin.

Menurut dia, saat ini Pemprov Kepulauan Bangka Belitung Masih menunggu keputusan akhir kegiatan G20 di Pulau Belitung ini.

"Kita tunggu keputusan akhir saja, nanti kita nanti maunya gimana, apalagi sekarang kawan-kawan di lingkungan pemprov sedang rapat," ujarnya.

Persiapan Belitung Menjadi Tuan Rumah G20

Ia mengatakan, Pemprov Kepulauan Babel dan Pemkab Belitung telah melakukan berbagai persiapan agar siap menjadi tuan rumah G20 di Belitung.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan G20 di negeri 'Laskar Pelangi' ini," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.