Kuliner Khas Bangka Belitung Disajikan kepada Delegasi G20, Ada Apa Saja?
Gubernur Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Ragam kuliner lokal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung disiapkan oleh pemprov setempat untuk menyambut delegasi "Group of Twenty" (G20) di Belitung pada September 2022. Langkah tersebut bertujuan mengenalkan makanan khas daerah itu ke dunia.

"Berbagai makanan khas daerah ini nantinya disuguhkan ke para menteri keuangan dari negara-negara anggota G20 dan juga para delegasi lainnya," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, kuliner khas masyarakat Bangka Belitung yang akan diperkenalkan kepada para delegasi G20 antara lain yaitu kopi Belitung, teh pelawan Bangka Tengah, gangan Belitung, stick keju Belitung, keripik sukun, dan makanan khas lainnya.

"Saat ini, kita bersama event organizer sedang mengatur, bagaimana menata makanan lokal yang diproduksi pelaku UMKM ini untuk disajikan kepada delegasi G20 di Belitung nanti," ujarnya.

Makanan Khas Bangka Belitung Dipamerkan saat Acara G20

Menurut dia, makanan khas daerah yang akan dipamerkan dan disuguhkan pada peserta G20 itu nanti bukan produk asal-asalan, melainkan kuliner yang telah memenuhi berbagai syarat sesuai dengan yang ditetapkan.

"Kuliner yang akan disajikan nanti berkualitas, mulai dari sisi kehigienisan, kemasan, hingga tingkat keamanan makanan untuk dikonsumsi, sehingga dapat meyakinkan para delegasi G20 jika Bangka Belitung merupakan surganya kuliner dunia," katanya.

Promosi Pariwisata Bangka Belitung saat Acara G20

Ia menegaskan, forum pembahasan ekonomi dan pembangunan tingkat dunia tersebut tidak akan disia-siakan untuk mempromosikan pariwisata di provinsi yang bergelar "Negeri Serumpun Sebalai' itu ke tingkat dunia.

"UMKM yang akan ditampilkan dalam G20 ini sebagai salah satu strategi kita memasarkan produk kita, mengenalkan produk kita, terutama untuk delegasi. Kalau UMKM kita ini bagus, tidak menutup kemungkinan mereka akan mengirimkan delegasi-delegasi lain untuk bekerja sama dengan kita," katanya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.