Pemprov Babel Memastikan Pelaksaan G20 di Belitung Berjalan Sesuai Jadwal
Sekda Pemprov Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pelaksanaan Development Working Group (DWG) G20 di Belitung Timur dipastikan oleh Pemprov Bangka Belitung (Babel) tetap berjalan sesuai rencana dan jadwal yang ditetapkan pada 7 hingga 9 September 2022.

"Kementerian Bappenas tidak pernah mengatakan hal itu terkait G20 di Belitung," kata Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin diwakili Sekretaris Daerah Pemprov Babel Naziarto, di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pelaksanaan DWG G20 di Belitung pada 7-9 September 2022 berdasarkan surat dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Nomor B.559 /M.PPN/D.8/PP.06.01/07/2022 terkait Penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Kelompok Kerja Pembangunan di Pulau Belitung.

"Saat ini kami masih terus melakukan persiapan dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan terkait rencana penyelenggaraan G20 di Belitung dan semua persiapan diharapkan dapat selesai pada Agustus 2022," ujarnya.

Perpres untuk Pembangunan Infrastruktur

Menurut dia, sebelumnya, Kementerian PPN mendapatkan informasi bahwa pada Surat Menteri Sekretaris Negara kepada Menteri PUPR nomor B588/MD1/HK.03.02/07/2022 tanggal 4 Juli 2022 Tanggal Penyampaian Kesepakatan Klarifikasi Permohonan Izin Prakarsa Penyusunan Rancangan Peraturan Presiden tentang Percepatan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Penyelenggaraan Acara Internasional di Provinsi Bali, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pada poin nomor 1, disebutkan bahwa: “Berdasarkan hasil koordinasi Kementerian PUPR dengan Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta kemampuan keuangan negara, maka Penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 pada Kelompok Kerja Pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibatalkan”.

Penyelenggaraan G20 di Pulau Belitung

Berkaitan dengan pernyataan tersebut, Kementerian Bappenas memahami maksud dari surat tersebut untuk memulai bahwa penerbitan perpres untuk pembangunan infrastruktur di Belitung dibatalkan.

"Hingga saat ini Kementerian Bappenas tidak pernah menyatakan pernyataan terkait dengan G20 di Belitung, sudah dipastikan pelaksanaannya di acara internasional sesuai rencana," kata Naziarto.

"Oleh karena itu, Pemprov Babel mohon dukungan semua pihak terkait dan masyarakat untuk keberhasilan penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Kelompok Kerja Pembangunan Menteri Pembangunan G20 pada tanggal 7-9 September 2022 di Belitung," demikian Naziarto. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.