Kabupaten OKU Terbebas dari Zona Merah COVID-19
Ilustrasi virus corona (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan, dilaporkan sudah terbebas dari zona merah atau risiko tinggi penyebaran COVID-19. OKU kini menyandang status zona oranye usai kasus corona menurun.

"Alhamdulilah, sekarang OKU (Ogan Komering Ulu) sudah turun ke zona oranye," kata Pelaksana Harian Bupati OKU Edward Candra di Baturaja, Senin.

Ia menjelaskan Kabupaten OKU selama dua pekan terakhir masuk zona merah karena tingginya jumlah warga setempat yang terpapar virus corona baru itu.

Namun, katanya, berkat kerja keras Satgas COVID-19 serta didukung kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes), saat ini Kabupaten OKU kembali ke zona oranye.

Kendati demikian, pihaknya tetap mendorong agar minimal 70 persen masyarakat di OKU bisa divaksin supaya daerah berjuluk "Bumi Sebimbing Sekudang" itu bisa terbebas dari virus corona.

"Kita berharap nanti OKU bisa kembali ke zona hijau," katanya.

Aturan Menggelar Resepsi Pernikahan di OKU Selama Pandemi COVID-19

Pihaknya juga telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 360/379/XLIV/2021 tentang Pembatasan Kegiatan Resepsi Pernikahan dan Hajatan (Kemasyarakatan) di Masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten OKU.

Di dalam surat edaran tersebut, diatur bagi warga yang menggelar acara resepsi pernikahan atau hajatan lainnya, maka undangannya dibatasi hanya 150 orang yang dibagi beberapa sesi serta tetap dengan menerapkan prokes.

Kegiatan lain juga dibatasi, seperti takziah dan syukuran ,untuk memakai nasi kotak atau tidak melakukan acara makan secara prasmanan.

"Ini guna mencegah terjadinya kerumunan," ujarnya.

Data Kasus COVID-19 di Kabupaten OKU

Berdasarkan data per Senin, total jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten OKU mencapai 790 orang, 619 orang sembuh, 91 orang meninggal dunia, dan 80 warga masih menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Jumlah tersebut turun dibandingkan pada periode 18 Agustus 2021 dengan total jumlah kasus positif COVID-19 mencapai 756 orang, 540 orang sembuh, 82 orang meninggal dunia dan 134 warga dirawat dengan status daerah zona merah COVID-19.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.