Semua Daerah di Provinsi Bangka Belitung Terbebas dari Zona Merah
Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan kabupaten/kota nihih zona merah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kasus COVID-19 di Bangka Belitung secara curva total mengalami penurunan pasca Lebaran Idulfitri 2021. Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaporkan kabupaten / kota di wilayahnya sudah terbebas dari zona merah atau risiko tinggi penularan virus corona.

"Saat ini tujuh kabupaten / kota berstatus zona orange atau risiko sedang penularan COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Jumat.

Ia berdasarkan peta zonasi risiko mingguan COVID-19 dari tanggal 10 - 16 Mei 2021 maka sebaran peta zona risiko COVID-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu zona merah nihil atau tidak ada, zona oranye terkenal di Kabupaten Bangka Barat, Belitung Timur.

Satgas COVID-19 Memperketat Pengawasan di Pintu Masuk Bangka Belitung

Selanjutnya Kota Pangkalpinang, Kabupaten Belitung, Bangka Tengah, Bangka, Bangka Selatan juga berstatus zona oranye, sementara zona kuning (risiko rendah) nihil atau tidak ada.

"Meski Babel nihil zona merah, namun kami pun tak bosan-bosannya mengimbau dan mengajak pemerintah daerah serta menggarisbawahi bahwa kesadaran dan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan adalah cara paling sederhana dan mudah serta murah agar kita dan orang-orang di sekitar kita tidak terpapar COVID- 19, "katanya.

Menurut dia dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum mereda, libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan mudik seperti tahun sebelumnya, meskipun sudah dilakukan pengaturan, pengetatan dan peniadaan, sebagai sarana penularan dan penyebaran COVID-19 yang akan meluas.

"Usai libur Lebaran dan mudik diperkirakan akan terjadi lonjakan dan penularan kasus COVID-19 di Babel. Oleh karena itu, Satgas memperketat pengawasan di pintu-pintu masuk di daerah ini," katanya.

Pendatang yang Masuk ke Bangka Belitung Wajib Tes Ulang COVID-19

Ia menambahkan upaya deteksi dini terhadap potensi penularan dan masuknya mutasi serta varian baru COVID-19 sangat penting, Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan skrining dengan memberlakukan tes COVID-19 ulang.

Ia juga menghimbua kepada seluruh pelaku perjalanan atau penumpang moda transportasi yang masuk ke wilayah Bangka Belitung untuk menjalani tes ulang COVID-19. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI .