Babel Undang Pemilik Platform Digital untuk Membantu Pemasaran Produk UMKM
Wagub Babel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Beberapa pemilik platform digital ditangkan oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung untuk meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah dan pertanian secara online. Langkah tersebut bertujuan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Ini adalah strategi kita untuk manfaatkan platform digital dalam memasarkan produk pertanian dan UMKM ke pasar global," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, strategi Pemprov Kepulauan Babel dengan mendatangkan pemilik platform digital dan sosialisasi pemanfaatan teknologi informasi itu merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh pemerintah daerah untuk lebih memanfaatkan platform digital dalam memasarkan hasil pertanian dan produk UMKM di tengah pendemi COVID-19.

"Strategi agar sektor UMKM industri seperti makanan, pertanian, dan industri lainnya berkembang memang harus memanfaatkan platform digital dalam memasarkan produk ke pasar lokal, nasional, dan internasional," ujarnya.

Pemkot di Babel Diminta Menfasilitasi Pelaku UMKM Memasarkan Produk Secara Daring

Ia berharap pemerintah kabupaten/kota dan organisasi perangkat daerah terkait di masing-masing daerah harus bergerak cepat untuk memfasilitasi pelaku UMKM dan petani untuk memasarkan produk secara daring.

"Pemerintah harus hadir di tengah masyarakat dengan mengundang pemilik platform digital, dan mensosialisasikan pemasaran produk secara daring kepada pelaku UMKM Babel," katanya.

Pelaku UMKM di Babel Didorong untuk Manfaatkan Marketing Digital

Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel Melati Erzaldi juga mendorong para pelaku UMKM memanfaat marketing digital, karena lebih praktis, efisien, dan aman dalam mengembangkan usaha di tengah pandemi COVID-19.

"Dalam kondisi pendemi ini, marketing digital merupakan sarana yang paling efektif untuk memasarkan produk di pasar global," katanya.

Ikuti terus  berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.