Sandiaga Uno Kagum pada Produk UMKM dan Ekonomi Kreatif Belitung; Menunggu Momen KTT G20
Sandiaga Uno (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata Ekonomi Kreatif, kagum dan memberi apresiasi kepada produk UMKM dan ekonomi kreatif di Kabupaten Belitung. Produk dari daerah tersebut tidak kalah unggul dari daerah lain.

"Saya memberikan apresiasi pelaku UMKM karena produk ekonomi kreatif Belitung tidak kalah dibandingkan daerah lain. Seperti produk "Belitung Spice" benar-benar kualitasnya sudah mendunia, "katanya usai menghadiri workshop Kata Kreatif di Tanjung Pandan, Belitung, Minggu.

Menurut dia, pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu harus terus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi guna meningkatkan kualitas produknya.

"Sehingga kami nanti akan membantu dalam aspek pembiayaan, pemasaran dan perizinan," ujarnya.

UMKM Manfaatkan Momentum KTT G20

Ia menambahkan, selain itu, pelaksanaan pertemuan tingkat menteri KTT G20 pada 7-9 September mendatang diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi bagi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu.

"Karena selama dua tahun terakhir kontraksi ekonomi di Belitung sangatlah berat makanya momentum G20 dan kebangkitan ekonomi ini jangan disia-siakan untuk kembali bangkit dan berjaya," katanya.

UMKM Masuk ke Ekonomi Digital

Dikatakan dia, pelaku UMKM juga harus mampu beradaptasi untuk masuk ke dalam sistem ekonomi digital dan menyesuaikan dengan standar protokol kesehatan ketat dan disiplin.

"Kemudian masuk di program bangga buatan Indonesia karena produknya sudah memiliki potensi secara konten karena rasanya enak tetapi kemasan, penjualan dan kolaborasi harus masuk dalam ekosistem digital dan akan kita fasilitasi dalam program bangga buatan Indonesia," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel. Kami menyajikan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.

Terkait