Pemprov Babel Fasilitasi 1.044 UMKM Mendapat Sertifikat Halal agar Semakin Berkembang
Produk UMKM Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 1.044 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) difasilitasi Pemprov Kepulauan Bangka Belitung sejak 2017 hingga 2021 untuk memperoleh sertifikat halal. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan pemasaran produk UMKM di pasar global.

Ridwan Djamaluddin, Pejabat Gubernur Babel, mengatakan pada tahun-tahun ini akan memfasilitasi sertifikasi halal bagi pelaku usaha mikro kecil, baik melalui program Self Declare maupun melalui pemeriksa halal untuk produk/jasa tertentu.

"Sertifikasi halal sangat penting bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual," kata Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin di Pangkalpinang, Selasa.

Pernyataan Diri adalah pernyataan status halal produk mikro dan kecil oleh pelaku usaha itu sendiri, tapi tetap dengan mekanisme yang mengaturnya. 

"Program Self Declare ini merupakan program yang sangat ditunggu pelaku UMKM dalam rangka menyukseskan Arahan Presiden Jokowi terkait 10 juta produk bersertifikat halal di Indonesia,".

Sertifikat Halal UMKM

Menurut dia, melalui program ini tentunya sertifikat halal akan sangat terjangkau dari jutaan rupiah per sertifikat menjadi 300 ribu saja.

Ini merupakan bentuk kolaborasi nyata lintas kementerian, serta pemerintah daerah dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan, serta transformasi koperasi digital, UMKM, serta wirausaha," katanya.

Dukungan Kolaborasi UMKM di Bangka Belitung

Ia menegaskan, pemerintah provinsi terus mendorong UMKM untuk berkolaborasi lintas usaha dalam sebuah ekosistem bisnis, dan akhirnya didukung oleh sebuah koperasi modern.

"Salah satu pendekatan guna yang mendorong terjadinya UMKM, adalah melalui pendekatan yang mengacu pada keseluruhan aktivitas UMKM dalam ekosistem bisnis dari hulu ke hilir," katanya. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.