Manfaatkan Pasar Digital, Pemkot Palembang Siap Bina UMKM
Kegiatan usaha kuliner pelaku UMKM di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Bagikan:

Aktivitas jual-beli di pasar digital kini semakin marak dan digemari masyarakat. Untuk mampu beradaptasi dengan tren tersebut, Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mendongkrak agar pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melakukan pemasaran di media daring.

Ratu Dewa, Sekretaris Daerah Kota Palembang, mengungkapkan bahwa gerakan agar para pelaku UMKM tidak tertinggal dan dapat bersaing di era digital.

"Menghadapi kemajuan teknologi kini, pelaku UMKM di kota ini harus bisa meningkatkan daya saing terutama pada pasar digital (digital marketing)," tuturnya, melansir dari Antara.

UMKM Harus Memanfaatkan Media Digital

Lebih lanjut, ia menyampaikan kini masyarakat telah beralih dari pasar konvensional ke pasar digital. Saat ingin melakukan pembelian, masyarakat modern kini memilih lewat media daring.

Untuk menghadapi perubahan budaya itu, pemilik UMKM terutama home industry harus mulai memasarkan produknya dengan media baru tersebut. Untuk merealisasikan gerakan tersebut, pihak Pemkot Palembang akan melakukan pembinaan kepada pelaku bisnis. Terutama kiat-kiat pemanfaatan media digital.

Pembinaan UMKM Dilakukan agar Semakin Maju

Adapun pelatihan yang diberikan, seperti cara memasarkan produk di media digital, meningkatkan kualitas produk, dan membuat desain kemasan yang eye cacthing atau memikat pelanggan.

Dengan adanya binaan tersebut, Pemkot berharap pelaku UMKM di kota pempek tersebut dapat semakin maju dan inovatif, serta mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.