Pemprov DKI Gelar Uji Coba Sekolah Tatap Muka Hari Ini, 226 Sekolah Kembali Aktif
Ilustrasi berangkat sekolah (Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) tahap 1. Sekolah tatap muka sudah dilakukan di 226 sekolah. Jumlah tersebut berasal dari 143 sekolah yang lolos pelatihan dari 308 sekolah, serta 83 sekolah yang telah menjalani piloting project PTM sebelumnya.

Taga Radja Gah, Kepala Humas Dinas Pendidikan DKI, mengatakan 83 sekolah yang telah menerapkan PTM beberapa waktu lalu bukan masuk dalam program uji coba. 

"Saat ini uji coba PTM tahap 1. Yang kemarin itu piloting terbatas. Untuk yang saat ini saya koreksi karena baru dapat informasi," kata Taga saat dihubungi, Selasa, 8 Juni.

Rinciannya, 143 sekolah terdiri dari SD 76 sekolah, MI 1 sekolah, SMP 14 sekolah, MTS 3 sekolah, SMA 11 sekolah, MA 1 sekolah, SMK 33 sekolah, dan LKP 4 sekolah. Ditambah, 83 sekolah yang telah mengikuti piloting terbatas.

Mekansime PTM di DKI Jakarta Belum Menerapkan Sistem dari Presiden Jokowi

Dalam uji coba PTM hari ini, Taga Radja Gah menyebut mekanisme belajar yang akan dilakukan belum mengikuti arahan Presiden Joko Widodo.

"Kita masih menggunakan piloting yang kemarin. Kita harus pakai apa yang sudah ditetapkan. Kita belum mengadopsi yang arahan Pak Presiden. Pakai yang ada dulu," ungkap Taga.

Diketahui, Jokowi meminta kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dilakukan dengan hati-hati. Jokowi ingin kapasitas siswa belajar di sekolah maksimal 25 persen. Lalu, dalam satu minggu PTM hanya dilaksanakan dua hari.

PTM Dilakukan Sebanyak Tiga Kali dalam Satu Minggu

Sementara, dalam piloting project pada 83 sekolah dan akan diteruskan pada uji coba hari ini, PTM dilakukan tiga hari dalam satu minggu dengan kapasitas siswa 50 persen.

"Pendekatangnya blended learning. Separuh tatap muka, separuh di rumah," ujarnya.

Hari senin, PTM untuk kelas 4 SD, 7 SMP, dan 10 SMA. Berikutnya Rabu untuk siswa kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA, serta Jumat untuk kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA. Lalu, Rabu berikutnya untuk kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA, serta Jumat untuk kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA.

Lanjutan dari program ini, Pemprov DKI bakal melaksanakan PTM masa kenormalan baru tahun ajaran 2021/2022 pada 15 Juli mendatang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.