Pelabuhan Tanjung TAA Sepi Pemudik Lebaran Idul Adha 2022
Kapal yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Api-api (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Aktivitas penyeberangan perjalanan mudik hari raya Idul Adha 2022 di Pelabuhan Tanjung Api-api (TAA) Banyuasin, Sumatera Selatan, terpantau sepi.

Iwan Gunawan, Kepala UPTD Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, menyampaikan pelabuhan TAA rata-rata menyeberangi Pelabuhankan kurang dari 10 unit kendaraan dari tujuh kali pelayaran dalam sehari ke Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Belitung.

Kondisi tersebut terjadi sejak Jumat (8/7) yang diperkirakan puncak perjalanan mudik lebaran kurban Idul Adha sampai pada Minggu petang ini.

"Perjalanan kapal ke empat pada pukul 16.45 WIB tercatat hanya sebanyak 5 unit kendaraan yang diangkut kapal motor penyeberangan (KMP) Munic," kata dia.

Pelabuhan Tanjung Api-api Banyuasin Sepi Pemudik Lebaran Idul Adha

Lima unit kendaraan itu, lanjutnya, terdiri atas dua unit kendaraan minibus penumpang sedang, dua unit mobil bak terbuka sedang dan satu unit truk angkutan barang besar.

"Hal demikian yang terjadi dari TAA-Tanjung Kalian ataupun sebaliknya, baik untuk unit kendarannya dan termasuk penyeberangan orang dalam keadaan sepi," imbuhnya.

Kapan Penyeberangan Lebaran Idul Adha di Pelabuhan Tanjung Api-api

Namun, ia memastikan untuk mendukung penyeberangan arus mudik tersebut telah menyediakan sebanyak 14 kapal penyeberangan laut, sehingga dengan jumlah kapal penyeberangan laut tersebut dapat terjamin dan mudah-mudahan kondisi cuaca tetap bersahabat, ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.