Arus Mudik Bangka Belitung Meningkat; 214 Orang Pulang Kampung Lewat Pelabuhan Tanjung Ru Belitung
Pelabuhan Tanjung Ru Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Arus mudik di Pelabuhan Tanjug Ru Belitung meningkat. Di pelabuhan tersebut tercatat ada sejumlah 214 pemudik yang berangkat menuju Pelabuhan Sadai Kabupaten Bangka Selatan mengendarai Kapal Motor (KM) Menumbing Raya.

"Jumlah penumpang KM Menumbing Raya dari Pelabuhan Tanjung Ru menuju Sadai Bangka Selatan pada Selasa (26/4) kemarin sebanyak 214 orang," kata Supervisor PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka lintasan Sadai - Tanjung RU, Janner Sinaga di Tanjung Pandan, Belitung, Rabu.

Menurut dia, jumlah penumpang KM Menumbing Raya tersebut terdiri dari sebanyak 168 penumpang laki-laki dan 46 penumpang perempuan.

Penumpang di Pelabuhan Tanjung Ru Meningkat Menjelang Lebaran 2022

Ia menambahkan sebanyak 60 kendaraan juga diberangkatkan menggunakan kapal ro-ro tersebut terdiri dari 39 unit kendaraan golongan II, 14 unit kendaraan golongan IV a, satu unit kendaraan golongan IV b dan enam unit kendaraan golongan V a.

"Jumlah pergerakan penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Tanjung Ru mulai terlihat mengalami peningkatan pada H-5 Lebaran 2022," ujarnya.

Janner menambahkan, saat ini PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan dua kapal ro-ro yaitu KM Menumbing Raya (650 GT) tiga kali dalam seminggu (Selasa, Kamis dan Sabtu) dan KMP Gorare (236) dua kali dalam seminggu (Rabu dan Minggu).

"Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Ru kami prediksi akan berlangsung pada 28 dan 30 April," katanya.

Pemudik Lebaran 2022 Diminta Tetap Patuhi Prokes

Ia mengimbau para pemudik di pelabuhan itu tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Karena bagaimanapun saat ini kita masih berada di tengah situasi pandemi COVID-19," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.