Pemudik Lebaran Tujuan Belitung Lewat Pelabuhan Tanjung Pandan Diprakirakan Mencapai 2.590 Orang
Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung RU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jumlah pemudik lebaran 2022 yang menuju Kabupaten Belitung lewat Pelabuhan Tanjung Pandan diprediksi oleh PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Tanjung Pandan mencapai 2.590 orang.

Hambar Wiyadi, General Manager PT Pelindo Cabang Tanjung Pandan, mengatakan jumlah pemudik itu meningkat tiga kali lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami prediksi jumlah pemudik melalui pelabuhan Tanjung Pandan tahun ini sekitar 2.590 penumpang," kata Hambar Wiyadi di Tanjung Pandan, Rabu.

Para pemudik baik itu dengan tujuan ke Pulau Bangka dan sekitarnya maupun ke Provinsi Sumatera Selatan, bahkan ke Pulau Jawa.

"Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Pandan diperkirakan berlangsung pada H-3 Lebaran," ujarnya.

Prakiraan Jumlah Pemudik Tujuan Belitung

Dia menjelaskan, jumlah pergerakan penumpang tersebut dihitung berdasarkan jadwal keberangkatan kapal cepat Bahari sebagai operator di pelabuhan itu yang beroperasi setiap hari mulai H-7 Lebaran.

"Kalau dihitung rata-rata jumlah penumpang 370 orang dalam satu kali keberangkatan maka dipastikan mencapai 2.590 penumpang," ujarnya.

Persiapan Pelabuhan Tanjung Pandan Menjelang Arus Mudik Lebaran 2022

Menurut dia, Pelindo Tanjung Pandan terus mematangkan kesiapan terminal penumpang serta fasilitas pendukung lain yang tersedia di pelabuhan itu dapat bekerja dengan baik guna melayani arus mudik lebaran 2022.

"Kami juga nanti akan membangun posko angkutan lebaran bersama pemangku kepentingan lain seperti Kepolisian, KSOP Tanjung Pandan dan Kantor Kesehatan Pelabuhan," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.