Mudik Lewat Jalur Laut Sumsel-Babel; Kapal penyeberangan Dipastikan Tercukupi dan Aman
Ilustrasi Kapal yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Api-api, Banyuasin, Sumatera Selatan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Iwan Gunawan, Kepala UPTD Perhubungan Sumatera Selatan, memastikan kapal penyeberangan rute Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA) Banyuasin-Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Belitung dalam kondisi aman. 

Iwan mengatakan jumlah armada dipastikan mencukupi untuk melayani arus mudik lebaran 1443 Hijrah. Ada sebanyak sembilan kapal yang disiapkan di lintasan untuk melayani rute penyeberangan laut tersebut.

Kesembilan kapal meliputi, kapal Mutiara Pertiwi III, Kuala Bate II, Adhi Swadarma III, Jembatan Musi I, Dharma Kartika I, Satya Kencana I, Belanak, Munic IX, Dharma Santosa.

Sembilan kapal itu tujuh siap melayani penyeberangan reguler dan dua sebagai cadangan setiap hari baik dari Pelabuhan TAA maupun sebaliknya di Pelabuhan Tanjung Kalian dengan  waktu  setiap dua jam sekali.

BACA JUGA:


Kapal Penyeberangan Sumsel-Babel untuk Mudik Lebaran

Selain itu, kata dia, juga ada sebanyak 15 kapal yang  ada , dan empat kapal di doking yang dalam beberapa hari ke depan siap masuk kembali kelintasan, salah satunya Kapal Gunsa 8.

“Sehingga dengan jumlah kapal tersebut penyeberangan laut dapat terjamin aman bahkan hingga menghadapi puncak arus mudik lebaran pada H-7 yang diestimasi meningkat 10-15 persen kendaraan termasuk juga pada arus balik pada H+3,” kata dia.

Meski demikian memastikan, sejauh ini arus penyeberangan kapal masih tergolong normal dengan jumlah kendaraan yang didominasi kendaraan pribadi hingga truk tronton yang rata-rata 30-40 kendaraan per kapalnya atau sekitar 210 kendaraan sebanyak tujuh kali perjalanan dalam sehari.

Siaga Posko Mudik Jalur Laut Sumsel-Babel

Sedangkan untuk jumlah penumpang sekitar 500 orang yang bepergian setiap hari selama beberapa hari terakhir di bulan Ramadhan ini.

“Untuk mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan penumpang, juga petugas posko yang bersiaga selama 24 jam dari Dinas Perhubungan, TNI/Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, BPTD Wilayah VII dan terkait lainnya pada H-7 lebaran,” ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda. 

Terkait