Setelah 2 Tahun Akhirnya Bisa Mudik Lagi, 'Di Kampung Vibes, Lebaran Kerasa <i>Banget</i>'
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Mudik tahun ini memang terasa istimewa. Meski ancaman COVID-19 masih terus mengintai, tapi sudah tidak ada lagi larangan sana-sini untuk bisa menghabiskan momen di kampung halaman.

Pemudik pengguna moda transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara mengungkapkan perasaan bahagia karena bisa pulang kampung atau mudik lagi tahun ini. Dua tahun ke belakang, pemerintah memang melarang semua warga tidak bepergian akibat pandemi COVID-19.

"Perasaannya saya senang dan bahagia karena akhirnya bisa mudik, setelah lama tidak mudik sekarang merasakan lagi Lebaran di kampung halaman," kata salah seorang pemudik tujuan Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Sari Novita saat ditemui di ruang tunggu Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 28 April dinukil dari Antara.

Perasaan bahagia tersebut diungkapkannya karena pada 2022 ini atau 1443 Hijriah ini akhirnya bisa merasakan kembali suasana Lebaran yang selama dua tahun ke belakang disebutnya kurang terasa sebagai "anak rantau".

Dia menceritakan selama dua tahun ke belakang, dirinya merayakan Lebaran di Jakarta dengan suasana sepi menyelimuti sehingga momen Lebaran biasanya diisi dengan keramaian khas Lebaran tidak dirasakannya.

"Karena kemarin, Lebaran di sini gak kerasa kayak Lebaran, beda kalau di Kampung Vibes, Lebaran kerasa banget. Kalau di sini, cuman tidur di kosan," katanya dengan tersenyum.

Sari berharap dengan kembali diperbolehkannya mudik Lebaran di tahun ini membawa kebahagiaan yang sama bagi masyarakat lainnya.

"Dan juga semoga mudik tahun ini semua lancar dan berjalan dengan baik tidak ada kejadian yang berat," ucapnya.

Sari berencana untuk menggunakan kapal KM Elsaddai milik perusahaan swasta Bangka Belitung Jaya Line dengan jadwal 29 April 2022 pukul 03.00 WIB tujuan Pangkal Balam.

Sementara itu, sejak pukul 11.00 WIB, Pelabuhan Tanjung Priok masih sepi dari pemudik atau penumpang biasa karena 28 April 2022 ini tidak ada pemberangkatan kapal Pelni dari Tanjung Priok.

Kegiatan hanya terlihat di Posko Angkutan Lebaran 2022, posko mudik gratis dan posko vaksin di Pelabuhan Tanjung Priok oleh para petugas.