Kapal Mudik Jakarta-Beltung Disiapkan Dishub, Rute Tanjung Priok ke Pelabuhan Ru
Dinas Perhubungan Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah dua kapal roro rute Jakarta-Belitung disiapkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk transportasi pemudik dari daerah itu.

Firmawan, Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara, Dishub Belitung, mengatakan kapal ro-ro tersebut adalah KM Sawita (1.890 GT) dan KM Srikandi Line (1.914 GT) milik PT Bukti Merapin Nusantara Line (BMNL).

"Dua kapal roro kami pastikan siap beroperasi untuk melayani pemudik lebaran nanti," kata Firmawan di Tanjung Pandan, Selasa.

Kedua kapal tersebut akan melayani rute pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta menuju Pelabuhan Tanjung Ru di Belitung pada musim mudik lebaran nanti.

"Dua kapal roro itu akan masuk ke Belitung setelah adanya rekomendasi dari Bupati untuk membantu arus mudik dan balik Idul Fitri 1443 Hijriah mendatang," ujarnya.

Jadwal Resmi Kapal ke Bangka Belitung Arus Mudik Lebaran Idulfitri 2022

Menurut dia, saat ini pihaknya masih menunggu jadwal resmi keberangkatan kapal tersebut guna melayani arus mudik dan balik Idul Fitri di daerah itu.

"Masih menunggu surat persetujuan dari Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah VII Sumsel - Bangka Belitung," katanya.

Dia memastikan, pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru siap untuk melayani pemudik lebaran nanti.

"Kondisi pelabuhan sudah sangat siap karena baru saja selesai direnovasi sehingga dipastikan dapat memberikan rasa nyaman kepada para pemudik," ujarnya.

Pemudik yang Melewati Pelabuhan Tanjung Ru Meningkat

Ia memperkirakan, jumlah pemudik melalui pelabuhan Tanjung Ru pada tahun ini akan meningkat jika dibandingkan dua tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19.

"Kami prediksi jumlah pemudik akan meningkat karena adanya kelonggaran aturan perjalanan dari pemerintah yang memperbolehkan mudik. Perkiraan H-7 lebaran pergerakan pemudik mulai terlihat di pelabuhan Tanjung Ru," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.