Bupati Bangka Apresiasi Baznas Bertindak Tanggap Beri Bantuan Warga Kurang Mampu
Bupati Bangka Mulkan saat kegiatan penyaluran bantuan Baznas di Puding Besar Bangka (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dinilai oleh Bupati Bangka Mulkan bahwa sangat tanggap mengatasi masalah yang dihadapi daerah setempat. Baznas bertindak cepat memberikan bantuan untuk memenuhi keperluan masyarakat yang membutuhkan.

Lebih lanjut Mulkan mengatakan Baznas berperan penting di masyarakat tanggap dan cepat memberikan bantuan guna mengatasi masalah sosial yang dihadapi warga kurang mampu.

"Masyarakat yang layak mendapat bantuan sosial lebih cepat menerima bantuan Baznas dibandingkan bantuan sosial dari pemerintah karena harus melalui proses perencanaan," kata dia di Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis.

Program Kerja Baznas Menangani Masalah Sosial Daerah

Ia mengapresiasi program kerja Baznas setempat dalam membantu penanganan masalah sosial di daerah itu.

"Kami memberikan apresiasi besar atas program kerja Baznas dalam membantu pemerintah daerah menangani permasalahan sosial masyarakat, seperti bantuan uang tunai, program jambanisasi, dan bantuan pembangunan rumah layak huni," kata dia.

Bupati Mulkan mengimbau umat Islam yang dianggap mampu untuk sebagian rezekinya dengan membayar zakat mal atau profesi dengan besaran yang sudah diatur dalam syariat Islam.

"Zakal mal yang kesehatan akan disalurkan kembali membantu masyarakat kurang mampu seperti, pendidikan dan sosial lainnya," jelasnya.

Baznas Salurkan Bantuan Uang Tunai ke Desa Setiap Tahun

Ketua Ketua Baznas Kabupaten Bangka Nasir Hasan mengatakan pihaknya setiap tahun mengalirkan bantuan uang tunai untuk dari mustahik yang tersebar di beberapa desa di daerah itu.

"Selain bantuan uang tunai tahun ini ditetapkan 300 ribu (rupiah, red.) bagi 1.000 mustahik, juga akan membangun fasilitas jamban dan rumah layak huni," kata dia.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.