Puan Maharani Tanam pohon di Lahan Bekas Tambang Timah Pangkalpinang bersama Pejabat Bangka Belitung
Puan Maharani menanam pohon di lahan bekas tambang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Puan Maharani, Ketua DPR, melakukan penanaman pohon bersama Ridwan Djamaluddin pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung di lahan bekas penambangan bijih timah Kota Pangkalpinang, Senin (20/6).

"Penanaman pohon ini, bagaimana mengembalikan kelestarian lingkungan di lahan bekas tambang timah ini," katanya di Pangkalpinang, Babel, Senin.

Puan mengatakan penanaman pohon buah-buahan di lahan bekas penambangan bijih timah ini, sebagai langkah pengembalian lingkungan yang rusak akibat aktivitas penambangan bijih timah di Pulau Bangka dan Belitung ini.

Penghijauan Lahan Bekas Tambang di Bangka Belitung 

Terkait keinginan Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel untuk menambah royalti PT Timah Tbk, Puan mengatakan DPR dengan pemerintah akan membahas porsi pemerintah daerah yang tentunya kemudian diakomodasi oleh pemerintah pusat.

"Lahan bekas tambang ini harus dihijaukan dengan penanaman pohon-pohon yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

"Kita lihat dulu, bagaimana kondisi Bangka Belitung dengan pertambangannya, apakah masih bisa mendukung untuk hal tersebut," katanya.

Kondisi Tanah di Bangka Belitung Rusak Akibat Penambangan

Ridwan Djamaluddin mengatakan dengan kondisi tanah di Babel yang kaya akan timah, sehingga terus mengalami penambangan baik secara legal dan ilegal, berdampak pada kondisi tanah yang semakin rusak.

"Pemulihan dan pemanfaatan tanah ini mendesak untuk dilakukan. Oleh karena itu, perlu langkah masif dari berbagai pemangku kepentingan hingga masyarakat," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.