Penumpang Kapal di Babel Meningkat 102,03 Persen pada April 2022
Penumpang kapal antar pulau di Pelabuhan Tanjung Kalian Bangka Barat (Aprionis)

Bagikan:

PALEMBANG - Penumpang angkutan laut antar pulau di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami peningkatan yang signifikan sejumlah 102,03 persen pada April 2022. Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik Provinsi pengguna transportasi laut naik sebanyak 48,76 ribu orang.

"Pada April 2022, Pelabuhan Tanjung Kalian penyumbang terbesar peningkatan penumpang kapal ini," kata Plt Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Reflin Arda di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan pada April 2022 Pelabuhan Tanjung Kalian Kabupaten Bangka Barat merupakan pelabuhan dengan aktifitas tersibuk yang jumlah penumpang yang berangkat naik 115,54 persen, disusul Pelabuhan Tanjung Pandan 58,54 persen dan Pangkal Balam 30,96 persen.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-April 2021), jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh pelabuhan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mengalami peningkatan sebesar 4,15 persen," katanya.

Penurunan Jumlah Penumpang di Pelabuhan Pangkal Balam dan Tanjung Kalian

Sementara itu, menurut penumpang angkutan laut, pada April 2022 penumpang yang datang tercatat sebanyak 32,80 ribu orang.

"Penurunan jumlah penumpang dipicu oleh penurunan pada Pelabuhan Pangkal Balam dan Tanjung Kalian masing-masing sebesar 33,41 dan 5,77 persen," katanya.

Kedatangan Penumpang di Pelabuhan Bangka Belitung Naik

Menurut dia secara agregat jumlah kunjungan angkutan laut turun 2,62 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Namun jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (JanuariApril 2021) kedatangan penumpang di seluruh pelabuhan tercatat naik 129,09 persen.

"Secara garis besar pada April 2022 melalui jalur laut, aktivitas keberangkatan penumpang lebih besar dibandingkan aktivitas kedatangan," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.