BPS Mencatat Jumlah Penumpang Kapal Laut Tiba di Babel Meningkat 36,20 Persen
Penumpang kapal di pelabuhan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jumlah penumpang kapal laut antarpulau yang tiba di pelabuhan berdasarkan Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat adanya peningkatan pada Oktober 2021. Kenaikan penumpang sebesar 36, 20 persen dibandingkan September 2021.  

"Hampir seluruh pelabuhan mengalami peningkatan dan Pelabuhan Pangkalbalam tercatat naik paling signifikan sebesar 103,13 persen," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Oktober 2020) kedatangan penumpang di seluruh pelabuhan tercatat masih naik 36,61 persen.

Secara garis besar pada Oktober 2021 melalui jalur laut, aktivitas kedatangan penumpang lebih besar dibandingkan aktivitas keberangkatan.

"Jalur masuk paling sibuk adalah Pelabuhan Tanjung Kalian di mana ada 24,39 ribu orang masuk dari pelabuhan ini. Sementara itu, tidak ada aktivitas keberangkatan maupun kedatangan di pelabuhan Belinyu dan lainnya," katanya.

Peningkatan Jumlah Penumpang Berangkat Terjadi Hampir Seluruh Pelabuhan di Babel

Ia menyatakan penumpang angkutan laut antarpulau yang berangkat dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 25,99 ribu orang, naik 28,39 persen dibanding September 2021.

"Peningkatan jumlah penumpang berangkat di hampir seluruh pelabuhan. Pelabuhan Pangkalbalam menunjukkan adanya peningkatan paling signifikan hingga 117,35 persen," katanya.

Pelabuhan Tanjung Kalian Menjadi Bandar Tersibuk di Bangka Belitung

Sementara itu, Pelabuhan Tanjung Kalian yang merupakan pelabuhan dengan aktivitas tersibuk, tercatat hanya menunjukkan peningkatan sebesar 11,78 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, secara kumulatif jumlah penumpang yang berangkat dari seluruh pelabuhan se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat mengalami peningkatan sebesar 27,23 persen," katanya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negerin lainnya di VOI Sumsel.