Persiapan Mudik Lebaran 2022; Pelabuhan Bakauheni Sediakan 32 Kapal dan Tambah Armada
Kapal ekspres tengah bersandar di Pelabuhan Bakauheni. Lampung Selatan, Rabu (13/4/2022) ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Bagikan:

PALEMBANG - Sejumlah 32 kapal siap operasi disediakan oleh pengelola Pelabuhan Bakauheni Lampung menjelang mudik Lebaran 2022 Idulfitri 1443 Hijriah.

Suharto, General Manager (GM) PT ASDP Cabang Bakauheni, mengatakan 32 kapal yang siap beroperasi selama periode mudik Lebaran 2022 itu terdiri atas 4 unit kapal pelayaran ekspres dan 28 unit kapal pelayaran regular, dilansir dari Antara.

"Secara keseluruhan kapal regular ada 70 unit, sedangkan kapal ekspres ada 6 unit. Namun memang untuk ekspres yang dioperasikan per hari hanya 4 unit untuk menjaga stabilitas operasional," katanya.

Pelabuhan Bakauheni Lampung Tambah Armada Kapal untuk Menfasilitasi Mudik Lebaran 2022

Menurutnya, untuk mengantisipasi adanya peningkatan permintaan akan penyeberangan melalui kapal laut pada arus mudik, maka pihaknya akan siap menambah armada kapal.

"Kita lihat dahulu jumlah permintaan akan kapal, kalau tinggi akan ditambah ini dilakukan untuk mengurangi lonjakan penumpang di pelabuhan," ucapnya.

Arus Lalu Lintas di Pelabuhan Bakauheni Lampung Cukup Tinggi

Dia melanjutkan, untuk saat ini jumlah keberangkatan ataupun kepulangan penumpang di pelabuhan belum cukup tinggi, dimana dalam sehari ada 1.000 sampai 1.500 penumpang.

"Belum ada kenaikan signifikan, untuk penumpang sekitar 1.000 sampai 1.500 orang, untuk logistik sekitar 5.000 sampai 6.000 kendaraan. Untuk prediksi memang belum terlihat tapi diperkirakan naik 5-10 persen dari jumlah penumpang di hari biasa," katanya pula.

Ia mengharapkan di tengah penurunan kasus COVID-19 aktivitas penyeberangan kapal laut dapat kembali pulih, namun dengan tetap berhati-hati antara lain dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.