Arus Balik Belitung; Penumpang di Pelabuhan Tanjung Pandan Menurun pada H+5 Lebaran
Penumpang di Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Jumlah penumpang arus balik di Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengalami penurunan menjadi sejumlah 379 pada hari Minggu. Berdasarkan data dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan jumlah tersebut merosot dari hari sebelumnya 398 orang.

"Jumlah penumpang kapal cepat Express Bahari 3 E tujuan Pulau Bangka atau Kota Pangkal Pinang pada hari ini tercatat sebanyak 379 orang," kata Kepala KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Anggiat Douglas Silitonga di Tanjung Pandan, Minggu.

Jumlah Penumpang di Pelabuhan Tanjung Pandan pada Arus Balik Lebaran 2022

Menurut dia, memasuki akhir masa cuti bersama dan libur panjang Idul Fitri 1443 Hijriah, jumlah penumpang arus balik yang berangkat menggunakan kapal cepat Bahari 3 E turun.

"Karena sebagian dari mereka memang memilih berangkat sejak jauh hari guna menghindari penumpukan penumpang arus balik di pelabuhan," ujarnya.

Pihaknya mencatat puncak arus balik di daerah itu telah berlangsung pada Sabtu kemarin dengan sebanyak 398 penumpang berangkat menuju Pulau Bangka bahkan Palembang.

"Kami pastikan seluruh rangkaian arus mudik dan balik Lebaran 2022 di pelabuhan Tanjung Pandan berjalan dengan aman, lancar dan terkendali," katanya.

Kapal Cepat Express Beroperasi Melayani Penumpang Arus Balik Lebaran 2022

Dirinya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pengawasan pelaksanaan mudik Lebaran 2022 yang aman dan sehat di daerah itu.

Anggiat menambahkan, selepas melayani arus mudik dan balik Lebaran 2022 kapal cepat Express Bahari 3 E akan beroperasi normal seperti sebelumnya yaitu tiga kali keberangkatan dalam seminggu yaitu Senin, Rabu dan Jumat.

"Kalau kemarin untuk melayani arus mudik Lebaran mulai H-7 Lebaran kapal beroperasi setiap hari," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.