Mudik ke Bangka Belitung Lewat Jalur Laut; Kapal Express Bahari Tambah Jadwal Tanjung Pandan - Pangkal Pinang
Layanan penyeberangan arus mudik lebaran oleh KM Express Bahari di Belitung

Bagikan:

PALEMBANG - Jadwal keberangkatan kapal cepat Express Bahari 3 E yang melayani rute Tanjung Pandan - Pangkal Pinang ditambah untuk mengoptimalkan pelayanan mudik Idulfitri. Keberangkatan yang sebelumnya hanya dua kali dalam seminggu, kini menjadi setiap hari.

Ivan Febrianto, Pimpinan PT. Sakti Inti Makmur (SIM) Cabang Tanjung Pandan, menyampaikan spihaknya juga menambah jadwal keberangkatan kapal menjadi setiap hari sampai H+ 7 Lebaran guna melayani arus balik lebaran nanti.

"Mulai hari ini Senin (25/4) atau terhitung sejak H-7 Lebaran jadwal keberangkatan kapal ditambah menjadi setiap hari," kata Ivan Febrianto di Tanjung Pandan, Belitung, Senin.

Penumpang di Pelabuhan Bangka Belitung Meningkat Menjelang Lebaran

Keputusan menambah jadwal keberangkatan tersebut mempertimbangkan kondisi penumpang yang mulai meningkat di pelabuhan tersebut. "Keputusan ini sebagai antisipasi arus mudik dan arus balik, karena baru tahun ini pemerintah memperbolehkan mudik. Jadi mulai H-7 sampai H+7 kami akan berlayar setiap hari," ujarnya.

Terkait persyaratan calon penumpang, kata dia,  berpedoman kepada Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 16 Tahun 2022 antara lain bagi penumpang yang sudah menerima vaksin ketiga tidak wajib menujukan hasil tes antigen atau swab PCR.

"Tetapi bagi penumpang yang menerima vaksin kedua wajib menunjukan tes antigen berlaku 1×24 jam," katanya seraya menambahkan bahwa penumpang yang baru menerima vaksin pertama wajib menujukan hasil swab PCR berlaku 3×24 jam.

"Kemudian khusus anak di bawah 18 tahun yang sudah vaksin kedua tidak wajib menujukan tes antigen atau PCR. Sedangkan anak di bawah enam tahun harus didampingi orang tua," ujarnya.

Harga Tiket Kapal Cepat di Pelabuhan Bangka Belitung

Ia menyebutkan, harga tiket kapal cepat Express Bahari 3 E rute Tanjung Pandan - Pangkal Pinang kelas eksekutif dijual Rp252 ribu, kelas VIP Rp302 ribu  dan tiket anak-anak selisih Rp50 ribu.  Kapal ini berangkat dari Belitung pukul 07.00 WIB, sedangkan dari Bangka pukul 12.00 WIB.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.