10 Kapal Disiapkan oleh KSOP Pangkalbalam, Puncak Mudik Tujuan Bangka Belitung
Pelabuhan Pangkalbalam Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebanyak 10 kapal jenis Roro disiagakan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Pangkalbalam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menangani jika terjadi lonjakan calon penumpang pada puncak arus mudik Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.

"Kami pastikan 10 kapal angkutan mudik ini cukup mengantisipasi lonjakan arus mudik Lebaran tahun ini," kata Kasubsi Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Pangkalbalam Ferdiansyah di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan 10 kapal angkutan mudik yang disiagakan, yaitu K.M. Salvia, K.M. Sakura Express, K.M. Srikandi Line, K.M. Sawita, K.M. Elsadai, K.M. Elsadda II dengan rute Pelabuhan Pangkalbalam Bangka-Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Selain itu, K.M. Bukit Raya dan K.M. Sabuk Nusantara 4B dengan rute Pelabuhan Belinyu tujuan Pekajang, serta K.M. Star Belitung, K.M. Expres Bahari rute Pelabuhan Pangkalbalam Bangka-Pelabuhan Tanjung Pandan Belitung.

"Alhamdulillah hingga saat ini belum ada penumpukan penumpang di terminal pelabuhan akibat keterbatasan kapal angkutan mudik," ujarnya.

Puncak Arus Mudik Lebaran 2022

Ia memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Jakarta terjadi Selasa ini hingga Kamis (28/4), sedangkan puncak mudik tujuan Belitung akan terjadi pada Rabu (27/4) hingga Minggu (1/5/2022).

"Dalam sepekan terakhir ini arus mudik sudah mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari biasanya," katanya.

Tiket Kapal Mudik Lebaran di Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang

Menurut dia, meski calon penumpang sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dipastikan tiket kapal masih tersedia untuk pemudik tahun ini.

"Hingga saat ini, kita belum menerima laporan dan keluhan calon penumpang kapal, semua berjalan dengan aman, lancar dan sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah,"katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.