Pemkab Bangka Tengah Mendorong Pemasaran Produk Perikanan, Pelaku Usaha Capai Ratusan
Desa Kurau, wilayah pesisir di Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemasaran produk perikanan didorong oleh Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna meningkatkan perekonomian masyarakat daerah.

"Para pelaku UMKM yang menghasilkan produk unggulan berbahan baku ikan terus kita bina dan membantu dalam mengembangkan pasar," kata Kepala Seksi Bina Usaha Hasil Perikanan pada Dinas Perikanan Bangka Tengah, Atika Anggraini di Koba, Selasa.

Makanan Khas Produk Ikan di Bangka Tengah

Ia menjelaskan, pelaku usaha produk makanan khas daerah berbahan baku ikan jumlahnya mencapai ratusan orang baik yang tergabung dalam kelompok maupun perorangan.

"Mereka sudah tumbuh dengan baik, namun perlu intervensi pemerintah daerah dalam membantu mengembangkan pasar dan melakukan pembinaan terkait dengan kewirausahaan," katanya.

Potensi Produk Pangan di Bangka Tengah

Ia mengatakan, potensi terbesar dalam produksi panganan berbahan dasar ikan di sejumlah desa di antaranya Desa Kurau, Desa Benteng dan Desa Batu Belubang.

"Dalam meningkatkan produksi dan pemasaran, kami bekerja sama dengan penyuluh dan pemasarannya didorong melalui kegiatan bazar, pameran dan kegiatan promosi lainnya," ujarnya.

Pihaknya mendorong pelaku usaha memperkuat pemasaran, kualitas produk dan kemasannya.

"Kualitas produk dan kemasan itu penting untuk bisa bersaing di pasaran," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.