Bupati Bangka Bagikan Mesin Pembeku kepada Pengolah dan Pemasaran Ikan untuk Tingkatkan Volume Produksi
Pemkab Bangka Berikan Mesin Pembeku Ikan (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Mulkan, Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membagikan mesin pembeku ikan kepada kelompok pengolah dan pemasaran ikan. Mesin pembeku tersebut berkapasitas 300 liter yang berfungsi untuk mengolah hasil perikanan.

"Sebanyak enam unit mesin pembeku "Chest freezer" yang disalurkan ke masyarakat itu, merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai upaya pemerintah mendorong peningkatan hasil olahan," katanya Mulkan di Sungailiat, Senin.

Dengan tersedianya kelengkapan mesin pembeku produksi pengolahan itu diharapkan masyarakat yang tergabung dalam kelompok mampu meningkatkan volume produksi yang akhirnya membantu peningkatan ekonomi.

Usaha Olah Hasil Perikanan di Bangka Cukup Banyak

Mulkan mengatakan, usaha olahan hasil perikanan yang dikembangkan masyarakat di daerahnya cukup banyak tersebar di sejumlah wilayah kecamatan baik melalui pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) rumah produksi maupun pengembangan usaha perorangan.

"Makanan olahan hasil perikanan yang umumnya ikan laut seperti kemplang, getas, pantiaw dan jenis makanan olahanan lainnya menjadi makanan khas Bangka dan menjadi makanan oleh-oleh bagi pengunjung yang datang ke Bangka," katanya.

Kelompok Pengolah dan Pemasaran Ikan Diminta Maksimalkan Penggunaan Mesin Pembeku

Meskipun bantuan tersebut hanya enam unit atau terbatas jumlahnya kata dia, pengurus kelompok penerima bantuan hendaknya dapat memanfaatkan semaksimal mungkin bersama dengan anggotanya.

"Kita bersyukur masih mendapat bantuan dari pemerintah pusat meskipun dengan jumlah terbatas, mengingat tidak semua daerah mendapat bantuan yang sama," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.