Pemkab Bangka Tengah Bakal Bangun Pasar Agribisnis untuk Fasilitasi Perdagangan Produk Pertanian
Bupati Bangka Tengah bersama sejumlah pejabat daerah menghadiri penanaman perdana cabai merah di Lubuk Besar, Senin (9/8/2021) (ANTARA/ahmadi)

Bagikan:

PALEMBANG- Pasar agribisnis bakal dibangun oleh Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasar tersebut akan ditargetkan menjadi pusat perdagangan produk pertanian.

"Rencananya nanti akan kita bangun di Kecamatan Pangkalanbaru dan pasar ini menjadi sentral perdagangan produk pertanian," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Senin.

Pasar Agribisnis dapat Menjadi Wadah Menjual Produk Pertanian Hortikultura

Pembangunan pasar agribinis atau pasar induk produk pertanian ini sebagai upaya dari pemerintah daerah membantu para petani dalam menjual produk pertanian terutama komoditas hortikultura.

"Jika pasar ini terwujud, maka semua pedagang produk pertanian kita kumpulkan dalam satu kawasan dan akan menjadi pasar sentral untuk bisnis pertanian," ujarnya.

Dengan demikian, kata bupati, pemasaran produk pertanian lebih terjamin dan pemerintah bisa melakukan intervensi terhadap harga komoditas pertanian.

"Tentu saja ini lebih menguntungkan konsumen dan para petani karena bisa menjual produk pertanian dengan harga lebih stabil," ujarnya.

Sektor Pertanian dapat Menjadi Roda Penggerak Ekonomi di Masa Pandemi COVID-19

Menurut bupati, sektor pertanian saat ini menjadi andalan untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Usaha pertanian masih bisa bertahan di tengah bencana mikroba, disaat usaha yang lainnya mengalami kemunduran," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.