Pemkab Bangka Tengah Lakukan Pembenahan Tata Ruang Kawasan Pesisir, Berikut Daerah Prioritasnya
Bupati Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pembenahan tata ruang kawasan psisir berupaya dilakukan oleh Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

"Secara geografis Bangka Tengah dikelilingi laut, banyak masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir namun perlu penataan terhadap pemukiman mereka agar lebih layak," kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman di Koba, Selasa.

Pemkab Bangka Tengah saat ini memprioritaskan penataan kawasan pesisir di Desa Kurau Barat dan Kurau Timur, Dusun Pulau nangka dan beberapa pemukiman di pesisir pantai Kecamatan Lubuk Besar.

"Penataan dilakukan dengan melakukan revitalisasi terhadap ruang sehingga menjadi lingkungan dan hunian yang lebih layak," katanya.

Pembenahan Kawasan Pesisir di Bangka Tengah

Ia mengatakan, pembenahan kawasan pesisir dimulai dari tata ruang, ekonomi, pendidikan, hingga kehidupan sosial warga.

"Pemberdayaan masyarakat pesisir terus dilakukan untuk meningkatkan perekonomian mereka, termasuk mengalirkan bantuan alat tangkap ikan dan mendorong industri hilir perikanan," katanya.

Produksi Perikanan di Bangka Tengah

Menurut bupati, para nelayan tidak harus bebas dengan hasil melaut saja tetapi juga harus mengembangkan produk industri rumah tangga yang bahan bakunya dari ikan.

"Produksi perikanan Bangka Tengah berada di urutan pertama dibanding kabupaten lain di Babel dan artinya masyarakat pesisir memiliki potensi untuk bangkit dan lebih sejahtera," katanya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.