Hadapi Musim Hujan Ekstrem, Gubernur Babel Tinjau Kesiapsiagaan BPBD Menangani Bencana
BPBD Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Erzaldi Rosman Djohan, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, meninjau kesiapan Badan Penanggulangan Bencana Daerah dalam penanganan bencana alam selama musim hujan ekstrem, serta memberikan bantuan kepada korbannya.

"Tidak ada kata tidak siap, kapanpun bencana itu terjadi, kita harus siap," kata Erzaldi Rosman Djohan saat meninjau kesiapan personel BPBD Provinsi Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Rabu.

Potensi Bencana yang Terjadi di Bangka Belitung

Ia mengatakan Bangka Belitung sebagai provinsi kepulauan rentan terjadi bencana, antara lain gelombang tinggi, puting beliung, dan banjir, sehingga harus diwaspadai.

“Sampai hari ini pun kondisi alam belum bersahabat, terutama daerah ini sebagai daerah kepulauan, tentunya ancaman bencana ini sangat rentan dan kondisi ini juga terjadi daerah lainnya di Tanah Air, termasuk belahan dunia lainnya," ujarnya.

Untuk itu, ia memberikan semangat kepada tim ini, agar dapat melaksanakan tugasnya dengan tulus, ikhlas, cepat, dan tepat, sehingga hasil yang diharapkan dapat terwujud.

"Apabila tim BPBD dapat melaksanakan ini, maka saya yakin penanggulangan bencana di Babel dapat diatasi sebagaimana mestinya, dan yang melaksanakannya akan mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah SWT," katanya.

Tim Reaksi Cepat BPBD Menangani Bencana Alam

Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa mengatakan telah menyiagakan 500 personel Tim Reaksi Cepat (TRC) selama 24 jam guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.

"Selama musim hujan saat ini TRC berkeliling memantau daerah-daerah rawan terjadi banjir," katanya.

Menurut dia, siaga 24 jam guna mengefektifkan kesiapsiagaan personel dalam menghadapi berbagai bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, pohon tumbang akibat angin kencang, tersambar petir, dan kecelakaan di laut.

"Dalam sehari ada dua regu yang siaga, satu regu bersiaga dimulai pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB dan dilanjutkan regu selanjutnya hingga pukul 07.00 WIB," katanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.