Babel Laksanakan Apel Siaga Gabungan untuk Mengantisipasi Bencana Selama Musim Hujan Ekstrem
Apel siaga gabungan antisipasi bencana Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Apel siaga bencana gabungan kesiapan satuan tugas dan peraltan SAR diselenggarakan oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung untuk mengantisipasi ancaman bencana alam yang berpotensi terjadi selama musim hujan ekstrem.

"Ini salah satu kiat kita dalam penanggulangan bencana alam, apalagi saat ini mulai musim hujan, untuk itu kita harus siap," kata Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol. Yan Sultra Indrajaya usai memimpin apel siaga gabungan di Pangkalpinang, Selasa.

Indonesia Rawan Bencana karena Berada di Lempeng Tektonik Dunia

Ia mengatakan kesiapan menghadapi segala macam bencana sangatlah penting, mengingat Negara Indonesia rawan bencana, termasuk Babel, karena pulau-pulau di Indonesia terbentuk dari lempeng tektonik dunia, lempeng Australia, dan lempeng Pasifik.

"Kondisi tersebut menyebabkan Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai potensi tinggi terhadap bencana gempa bumi, tsunami, letusan gunung berapi, dan longsor, dan lain-lain," katanya.

Daerah Rawan Bencana di Bangka Belitung Akan Disediakan Posko

Ia meminta daerah rawan bencana di setiap kabupaten/kota harus menyediakan posko-posko sehingga apabila terjadi bencana, petugas yang menangani sudah siap.

"Semua elemen masyarakat harus siap menghadapi bencana alam ini," katanya.

Wagub Kepulauan Babel Abdul Fatah mengapresiasi kegiatan kesiapan bencana itu dengan harapan penanggulangan bencana bisa lebih baik.

"Dengan kegiatan ini kita lebih siap, apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi bencana ini, di antaranya kita bentuk posko darurat bencana," ujarnya.*

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.