Kuota Calon Jamaah Haji di Kabupaten Bangka; Kemenag Tetapkan Sebanyak 109 Orang
Sosialisasi pemberangkatan haji asal Kabupaten Bangka

Bagikan:

PALEMBANG - Kuota calon jamaah haji yang ditetapkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejumlah 109 orang.

Kuota jamaah calon haji yang sudah ditetapkan berangkat ke Tanah Suci Mekkah sebanyak 109 orang terdiri dari calon haji laki-laki dan perempuan, kata Seniadi, Kantor Kemenag Kabupaten Bangka.

Dia mengatakan jumlah calon haji yang ditetapkan sebelumnya 270 orang, namun karena jumlah anggaran yang dimiliki pemerintah Kerajaan Arab Saudi, jumlah akhir hanya 109 orang.

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hanya mengizinkan calon haji dengan usia maksimal 65 tahun, sehingga pembatasan jumlah jamaah yang usianya ditentukan di atas," jelasnya.

Bimbingan Calon Jamaah Haji Kabupaten Bangka

Menurutnya, pemberangkatan calon haji Indonesia ke Tanah Suci Mekkah pada 4 Juni 2022 mendatang, dan calon haji asal Bangka Belitung akan ditetapkan berikutnya termasuk dalam kelompok terbang.

"Kita semua berharap pandemi COVID-19 segera berakhir sehingga jamaah haji yang terdaftar sebelumnya atau usia di atas 65 tahun dapat berangkat menunaikan ibadah haji, calon haji cadangan ditetapkan sebanyak 30 orang," jelasnya.

Seniadi menjelaskan semua jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka semuanya sudah mendapat bimbingan mulai saat pemberangkatan hingga pelaksanaan ibadah haji.

"Saya menyarankan seluruh calon haji dapat menjaga kesehatan dengan baik sehingga tidak mengalami kendala pada saat berangkat sampai kembali ke Tanah Air," kata dia.

Tahapan dan Syarat Keberangkatan Ibadah Haji ke Mekkah

Sementara salah satu calon haji Siraman mengatakan bahwa bersyukur dapat berangkat ke ibadah ke Tanah Suci Mekkah sempat mengakibatkan pandemi COVID-19.

"Jadwal awal berangkat ke Mekkah tahun 2020, namun karena kondisi pandemi yang mengakibatkan pemberangkatan dan semoga berangkat ibadah haji tahun ini tidak ada kendala," kata Siraman yang mengaku sebagai calon haji daftar tunggu selama 11 tahun.

Dia semua mengatakan tahapan pemberangkatan ke Tanah Suci Mekkah sudah diselesaikan termasuk syarat wajib vaksin meningitis haji, tinggal menunggu sarana kelengkapan dari Kemenag seperti, koper haji, latihan manasik.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.