Kemenag Bangka Belitung Gabungkan Calon Jamaah Haji dari Beberapa Kabupaten
Kemenag Bangka Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Penggabungan calon haji dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan mengumpulkan jamaah asal Kabupaten Bangka dengan jamaah asal Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka Tengah.

"Jamaah calon haji dari tiga daerah tersebut digabungkan guna mencukupi jumlah kelompok terbang (Kloter) lima yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah melalui embarkasi Palembang pada 29 Juni 2022," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bangka Suparhun di Sungailiat, Senin.

Dalam kelompok terbang (kloter) lima, kata dia, jumlah jamaah calon haji sebanyak 227 orang, masing-masing dari Kabupaten Bangka sebanyak 115 orang, Kabupaten Bangka Tengah 46 orang dan dari Kabupaten Bangka Selatan 66 orang.

"Seluruh jamaah calon haji akan masuk ke asrama haji di Kota Pangkalpinang pada tanggal 28 Juni 2022, kemudian tanggal 29 Juni 2022 diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah melalui embarasi Palembang Sumatera Selatan," ujarnya menjelaskan.

PCR bagi Calon Jamaah Haji di Bangka Belitung

Menurutnya, seluruh calon haji saat masih di asrama akan mendapatkan layanan tes usap polymerase chain reaction (PCR) sebagai syarat penerbangan Internasional untuk memastikan aman dari COVID-19.

"Dari 484 total jamaah calon haji Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang tersebar di tujuh wilayah kabupaten dan kota, jumlah jamaah calon haji paling banyak berasal dari Kabupaten Bangka mencapai 115 orang," jelasnya.

Kuota Calon Jamaah Haji di Provinsi Bangka Belitung

Sedangkan jumlah terendah jamaah calon haji berasal dari Kabupaten Belitung Timur hanya tiga orang, Bangka Barat 36 orang, BangkaTengah 46 orang, Bangka Selatan 66 orang, Belitung 107 orang serta dari Kota Pangkalpinang sebanyak 111 orang.

Dia memastikan seluruh syarat pemberangkatan jamaah calon haji ke Tanah Suci Mekkah daerah Kabupaten Bangka sudah lengkap, termasuk pembagian koper, hanya saja tes usap akan dilakukan satu hari sebelum pemberangkatan ke Mekkah.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.