Kebarangkatan Haji 2022 yang Sempat Tertunda, Kemenang Belitung; Kuota 109 Orang
Kemenag Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kuota calon jamaah haji tahun 2022 di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebanyak 109 orang. Jumlah kuota tersebut disampaikan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Belitung.

"Jumlah kuota calon jamaah haji asal Belitung yang akan berangkat tahun ini sebanyak 109 orang," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Belitung Suyanto di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, jumlah tersebut merupakan calon jamaah haji asal daerah itu yang keberangkatannya sempat tertunda selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

"Namun ada satu calon jamaah yang melakukan mutasi ke Provinsi Jawa Barat sehingga nanti akan berangkat sebanyak 108 orang," ujarnya.

Kebarangkatan Haji Tahun 2022 yang Sempat Tertunda

Ia mengatakan, jumlah calon jamaah haji yang keberangkatannya sempat tertunda selama dua tahun terakhir akibat COVID-19 mencapai 169 orang.

Namun, lanjut dia, berdasarkan keputusan pemerintah Arab Saudi bahwa calon jamaah haji yang berangkat usianya tidak melebihi 65 tahun maka kuota menjadi 109 orang.

"Sedangkan 60 calon jamaah haji lainnya tetap akan diprioritaskan untuk diberangkatkan pada 2023 apabila kebijakan usia ini diubah oleh pemerintah Arab Saudi," ujarnya.

Konfirmasi dan Pembayaran Keberangkatan Haji 2022

Suyanto menambahkan, bagi para calon jamaah haji yang sudah ditetapkan namanya masuk dalam kuota keberangkatan haji tahun ini dapat segera melakukan konfirmasi pelunasan atau pembayaran pelunasan biaya haji sampai 20 Mei 2022.

"Kemudian setelah itu baru kami akan melakukan manasik haji sebagai persiapan untuk memulai menjalankan ibadah haji di Tanah Suci," katanya.

Ia mengimbau para calon jamaah haji agar selalu menjaga kesehatan sampai waktu keberangkatan tiba.

"Kami memastikan seluruh calon jamaah haji juga sudah mengikuti vaksinasi COVID-19," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.