10 Macam Buah Segar untuk Mengatasi Dehidrasi yang Membuat Kulit Kering
Ilustrasi kulit kering karena dehidrasi (Unsplash/Ha Nguyen)

Bagikan:

PALEMBANG- Dehidrasi menjadi masalah kesehatan yang perlu segera ditangani. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering yang mengganggu kecantikan. Pertama yang perlu dilakukan adalah mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Seperti dengan minum air mineral setidaknya 6 – 8 gelas setiap hari.

Dilansir Eat This Not That!, Senin, 30 Agustus, udara dingin juga salah satu penyebab kulit kering bersisik. Tips mengatasinya, bisa dengan mengonsumsi buah-buahan khususnya 10 macam berikut yang mampu membantu melembabkan kulit.

1. Kelapa

Seperti halnya ketika berada di kawasan pesisir yang membawa angin garam dan menyebabkan kulit kering. Buah kelapa mampu membantu membuat kulit serta tubuh tetap terhidrasi maksimal.

Menurut Brooke Alpert, MS., RD., CDN., dietitian dan pendiri B Nutritious, kelapa jadi kunci kulit sehat dan lebih muda. Baik airnya maupun daging buahnya yang masih muda, kelapa mengandung antibakteri dan lemak sehat yang membuat jerawat kabur dan bermanfaat menjaga kelembapan kulit.

2. Alpukat

Protein dalam alpukat, kata Alpert, membantu produksi kolagen dan membuat kulit kencang serta elastis. Bagi Anda yang sedang diet, pilih cara penyajian yang tepat agar tak mengganggu program diet.

3. Ubi jalar

Ubi jalar mengandung tinggi vitamin C yang membantu menurunkan kulit bersisik, regenerasi sel kulit, dan meminimalisir kulit kering. Termasuk mengandung vitamin A yang berkolaborasi dengan vitamin C mendukung tampilan kulit Anda tetap kencang dan lembab, ungkap dermatologis Dr. Jennifer Lee.

4. Wortel

Masih termasuk umbi-umbian, wortel sama seperti ubi jalar yang mengandung vitamin C dan vitamin A. ditambah lagi kandungan vitamin A dalam wortel mampu menstimulasi fibroblast, yaitu sel yang membangun lapisan kulit tetap segar dan sehat.

5. Buah beri

Buah beri antara lain raspberi, cranberi, blueberi, blackberi, stroberi yang mengandung rendah gula. Menurut Alpert, buah ini mengandung antioksidan, vitamin A, C, dan mengoptimalisasi produksi kolagen pada kulit.

6. Tomat

Pilih tomat segar lalu diolah menjadi jus atau dimakan mentah bersama sayuran atau campuran lain menjadi semangkuk salad. Kesegaran tomat mengandung lycopene, sebuah kandungan antioksidan yang bermanfaat anti penuaan. Informasi dari ahli, tomat paling tinggi lycopene adalah tomat mentah atau tanpa diolah.

7. Jeruk

Buah-buahan yang mengandung vitamin C, jeruk salah satunya, menguatkan produksi kolagen, mengoptimalkan fungsinya untuk menjaga kelembapan kulit, dan lebih menakjubkan lagi, mampu memerangi radikal bebas.

8. Anggur

Jika tidak sedang musim, mungkin akan lebih susah mendapatkan jenis buah ini, anggur. Menurut Taub-Dix, anggur merah atau merah muda bisa sebagai antioksidan dan mengandung lycopene yang menjaga kulit tetap sehat dan lembut.

9. Semangka

Buah semangka mengandung 92 persen air. Artinya, semangka termasuk sebagai salah satu macam buah yang membantu kulit dan tubuh terhidrasi cukup. Lebih menyegarkan lagi, semangka mengandung vitamin C, A, dan magnesium. Disamping itu, semangka rendah kandungan kalorinya.

10. Melon dan blewah

Kandungan air dalam melon dan blewah sebanyak 90 persen. Di dalam buahnya yang segar mengandung serat, kaya vitamin A yang meningkatkan imun serta menjaga kulit terbebas dari infeksi. Bagaimana cara nikmat menikmati melon dan blewah? Bisa dimakan segar atau dicampurkan dalam salad buah dengan dressing yoghurt.

Masih bertanya-tanya bagaimana mengatasi kulit kering ketika menjalani diet? Catat daftar buah di atas sehingga bisa dimasukkan ke dalam menu harian Anda.

 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.