6 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah saat Puasa Ramadan, Jangan Menjilatnya!
Ilustrasi Bibir Kering dan Pecah-pecah saat Puasa (Azat Ajphotos/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan saat menjalankan puasa Ramadan adalah kulit bibir kering dan pecah-pecah. Saat puasa, tidak ada kelenjar minyak atau keringat yang membahasi bibir, yang dapat membuatnya tetap lembap. Tidak hanya itu, kulit juga 15 kali lebih tipis dibandingkan dengan kulit tubuh lainnya sehingga memerlukan perawatan dan perlindungan ekstra terutama saat kering saat mandi. 

Menyadur Mayo Clinic, Selasa, 5 April, setidaknya ada enam hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat istirahat.

Jangan menjilat bibir

Jika Anda sering menjilat bibir saat terasa kering, sebaiknya jangan dilakukan lagi. Sebab, air liur dapat menguap dengan cepat sehingga membuat bibir Anda lebih kering dari sebelumnya. Jika Anda cenderung menjilat bibir, hindari penggunaan lip balm beraroma yang dapat menggoda Anda untuk menjilat bibir lebih sering lagi.

Minum banyak air

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah sealam berpuasa yaitu dengan minum banyak air saat sahur dan buka puasa. Untuk tetap terhidrasi, Anda perlu minum setidaknya dua liter air per hari. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka masalah kulit kering seperti bibir pecah-pecah akan mudah teratasi. 

Konsumsi banyak buah

Selain minum air, Anda juga bisa mengganti cairan tubuh yang hilang dengan konsumsi buah-buahan dengan kandungan air tinggi. Buah seperti semangka, melon, jeruk, nana, dan stroberi sangat baik untuk menghidrasi kulit. Selain itu, rangkaian vitamin yang terdapat dalam buah juga mampu mengobati bibir kering dan pecah-pecah selama berpuas lebih cepat.

Coba scrub bibir

Bibir kering dan pecah-pecah bisa Anda hilangkan dengan rutin scrub bibir. Gunakan scrub dari bahan lembut yang bisa Anda buat sendiri dengan bahan yang mudah ditemui seperti madu dan gula pasir. Anda bisa membuat scrub dengan mencampurkan madu, minyak kelapa, dan gula mentah dalam perbandingan yang sama, lalu oleskan campuran tersebut dengan lembut ke bibir. Ada juga berbagai formula pengelupasan di pasaran yang bisa Anda coba.

Gunakan pelembab bibir

Gunakan pelembab agar bibir Anda tidak semakin kering. Produk yang mengandung beeswax atau petroleum berfungsi menahan kelembapan. Oleskan produk pelembab bibir di malam hari sebelum Anda tidur. Produk seperti minyak kelapa, cocoa butter, petroleum jelly, dan madu bisa jadi  pilihan yang baik.

Gunakan humidifier di rumah

Udara kering dapat membuat kulit semakin kering, begitu pula dengan bibir. Pertimbangkan untuk memasang humidifier ke dalam ruangan Anda selama bulan suci untuk menambahkan kelembapan yang sangat dibutuhkan ke udara.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.