5 Langkah Merawat Kulit Supaya Tetap Terlihat Glowing saat Puasa
Ilustrasi perempuan (Chris Howard/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Setiap orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat terawat, segar, serta tidak kering. Namun perawatan kulit kering bukanlah hal yang mudah saat melaksanakan ibadah puasa. Saat ini, penting bagi Anda untuk menyiapkan strategi perawatan kulit kering agar tidak terlihat kusam dan semakin kering. Demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit saat puasa, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini, melansir HerWorld, Selasa 19 April.

Makanan Berminyak

Tahukah Anda bahwa konsumsi makanan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan tubuh dehidrasi? Maka dari itu, sebaiknya hindari menu gorengan sebagai asupan saat berbuka puasa. Pilih makanan dengan gizi seimbang dan menggunakan sedikit minyak seperti buah-buahan dan olahan sayur. 

Tidur yang Cukup

Saat tidur, tubuh bekerja memperbaiki sel-selnya, termasuk kulit. Memang saat puasa, tidur malam akan terpotong waktu sahur. Namun jangan sampai hal tersebut cukup alasan untuk tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Di siang hari, disarankan untuk tidur siang selama maksimal 30 menit sebelum jam 3 sore untuk mencukupi waktu istirahat yang telah hilang.

Jangan Mandi Terlalu Lama

Jika Anda hobi mandi air panas atau hangat sekalipun, sebaiknya batasi waktu mandi saat bulan puasa. Udara hangat atau panas bisa melunturkan minyak alami di permukaan kulit sehingga membuatnya kering. Jadi, jangan terlalu berlama-lama di kamar mandi.

Asupan Buah dan Sayur

Kedua bahan makanan tersebut tentunya kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh, termasuk kulit. Berkurangnya frekuensi makan selama menjalani puasa bukan berarti mengurangi nutrisinya juga.

Pilih makanan sehat dan bergizi seimbang, termasuk sayuran serta buah-buahan kaya vitamin. Tak perlu selalu dalam bentuk makanan, Anda juga bisa menjadikannya smoothies atau jus segar untuk menemani buka puasa. Selain itu, buah dengan kandungan air yang tinggi juga bisa membantu menambah asupan air dalam tubuh sehingga kulit tidak menjadi kian kering.

Minum Air Putih yang Cukup

Memang terkesan sepele dan terus diulang-ulang, namun ada alasannya kenapa asupan air putih harus tetap diingatkan ditingkatkan. Selain penting bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, air putih berperan penting dalam kecantikan dan kesehatan kulit.

Anda disarankan untuk mengonsumsi paling tidak delapan gelas air putih setiap hari. Saat menjalankan ibadah puasa, Anda bisa membaginya menjadi dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah selesai makan malam, dan dua gelas sebelum tidur.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.