Resal karena Kulit Kering di Ruangan Ber-AC? Berikut Cara Mengatasinya
Ilustrasi kulit wajah kering (Freepik/cookie studio)

Bagikan:

PALEMBANG- Ruangan ber-AC membuat banyak orang nyaman karena dapat diatur suhunya sesuai keinginan. Jika musim kemarau dapat disetel mode swing  sehingga terasa sejuk . Saat musim hujan, ukuran dapat dinaik-turunkan sesuai kebutuhan.

Namun di sisi lain, seharian di ruangan ber-AC membuat kulit kering. Bahkan tak hanya kulit, rambut pun berkurang kelembapannya.

Diungkapkan oleh konsultan dermatologis, Dokter B. Lakshmi Divya yang dilansir dari  Health Shots , Senin, 15 Maret, dinginnya AC dapat mengganggu keseimbangan kelembapan kulit.

Kulit kering dapat berisiko mengalami gatal atau bagi Anda yang memiliki eksim dan rosacea psoriasis akan membuat kondisi kulit semakin buruk. Karena itu berikut tips mengatasi kulit kering selama beraktivitas di ruangan ber-AC.

Minum air mineral

Meskipun udara sejuk dan dingin, AC dapat mengurangi 1/5 cairan dalam tubuh. Secara langsung membuat kulit kering hingga terasa gatal-gatal. Pertama, untuk mengatasi Anda perlu mengonsumsi mineral udara lebih banyak daripada di ruangan tak ber-AC.

Sediakan botol air di meja kerja Anda untuk menjaga tubuh dan kulit tetap terhidrasi cukup.

Kurangi menggosok kulit

Acap kali tanpa sadar ketika fokus pada pekerjaan, jemari tangan memegang wajah dan menggosoknya. Meski tidak dengan kuat tetapi menghindari menggosok kulit karena dapat membuatnya kering, kering hingga iritasi.

Memakai Pelembab alami 

Divya merekomendasikan solusi tambahan untuk mengatasi kulit kering karena bekerja di ruangan ber-AC. Pertama, Anda dapat mengoleskan minyak kelapa di area bibir dan bawah mata setiap sebelum mandi. Diamkan hingga 15 menit dan dimanapun mandi.

Kedua, minyak kelapa dapat dibarengi dengan pemakaian  minyak biji bunga matahari  yang kaya kandungan vitamin E. Bahkan, Anda dapat menyediakan camilan kuaci biji bunga matahari di laci kantor.

Ketiga, memakai masker alpukat yang kaya akan vitamin A dan E. Dan terakhir, rutin kenakan cream petroleum jelly setelah mandi untuk menjaga kulit tetap lembab dan terhidrasi seimbang.

Pakai humidifier

Ruangan memakai AC akan mengurangi tingkat kelembapan atau humiditas ruangan. Ini tidak saja memperburuk kondisi kulit tetapi juga membuat hidung terasa kering hingga bisa bikin mimisan.

Nah, untuk mengatasinya dapat menambah humidifier untuk tetap menjaga kualitas udara beserta kelembapannya. Disamping itu, sesekali buka jendela terutama ketika waktu istirahat atau ketika Anda meninggalkan ruangan barang setengah hingga satu jam.

Jika tidak memungkinkan meletakkan pelembab, disarankan juga meletakkansemangkuk air di meja kerja. Alat pendingin ruangan atau AC akan menyebarkan kelembapan udara dari semangkuk air tersebut.

Selain dua sarang di atas, ambil waktu istirahat sewaktu-waktu. Keluar dari ruangan ber-AC untuk menetralkan suhu tubuh. Hiruplah udara segar di ruang terbuka dan kembalikan rutinitas kerja meski di ruangan ber-AC. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .