10 Manfaat Air Kelapa Muda yang Jadi Penyegar Dahaga, Mulai dari Cegah Dehidrasi hingga Detoksifikasi
Ilustrasi kelapa muda (Freepik/rawpixel)

Bagikan:

PALEMBANG- Salah satu minuman segar alami yang banyak diburu orang adalah ari kelapa muda. Kelapa muda paling nikmat diminum saat cuaca sedang panas-panasnya. Minum air kelapa muda, jangan hanya memeriahkan momen liburan. Namun, udara yang tersimpan dari buah tropis ini juga memiliki banyak manfaat jika rajin diminum.

Selain buahnya, seluruh bagian dari pohon kelapa bisa dipakai untuk berbagai fungsi. Daunnya bisa dipakai untuk atap gazebo, maupun pembungkus makanan. Sedangkan kayu pohonnya untuk bangunan dan akarnya diolah untuk mempercantik ruangan.

Lantas, berikut manfaat air kelapa muda yang ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan Anda.

Mengatasi dehidrasi

Minum air kelapa saat cuaca panas, ternyata bukan tanpa alasan. Udara panas dapat menguapkan udara, seperti yang terjadi pada tubuh. Dikutip dari  Healtline,  Jumat, 23 April,  keseimbangan elektrolit dalam tubuh bisa didapat ketika mengkonsumsi air kelapa muda.

Itulah sebabnya air kelapa muda cocok untuk diminum sehingga tubuh tidak kekurangan cairan.

peningkatan imun

Kandungan dalam air kelapa, khususnya yang masih muda bisa menghilangkan bakteri dan memerangi virus. Karena itu air kelapa muda bisa mencegah penyakit gusi, infeksi saluran pencernaan, tifus, dan berbagai peyakit lainnya yang dipicu oleh bakteri dan virus.

mendukung diet

Air kelapa bisa jadi menu tetap dalam program diet . Sebab, dalam air kelapa mengandung kalori rendah serta lemak dan gula alami.

Penambah energi

Air kelapa meningkatkan kinerja hormon. Ini membuat seseorang yang minum air kelapa lebih berenergi.

Mengurangi efek penuaan

Kulit merupakan salah satu tanda-tanda penuaan. Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, kandungan asam laurat dan sitokin pada kelapa bisa membuat proses regenerasi sel kulit menjadi lebih aktif. Jika rajin meminum air kelapa, kulit akan terlihat lebih terhidrasi, tetap lembab, dan kencang.

Baik untuk pencernaan

Kandungan serat bermanfaat mendukung proses pencernaan yang terdapat dalam kelapa sekaligus buahnya yang masih muda. Jadi untuk menjaga pencernaan tetap baik, minumlah air kelapa muda.

Membuat kulit terlihat bercahaya

Kulit bercahaya tidak hanya dicapai dengan satu cara atau melakukan perawatan rutin yang memakan banyak biaya. Dengan minum air kelapa, jaringan kolagen pada kulit wajah akan lebih halus dan kulit bercahaya.

Baik untuk Kesburan Pria

Bagi pria, kandungan potasium, magnesium, sodium, dan protein pada air kelapa dapat meningkatkan gairah seksual. Bahkan, kandungan asam aminonya lebih tinggi dari susu. Selain itu, unsur nitrogen didalam zat tersebut dapat meningkatkan produksi hormon testosteron.

Menjaga tingkat pH pada vagina

Sedangkan untuk wanita, air menyeimbangkan pH pada vagina. Jika tingkat pH terlalu rendah, atau daerah vagina terlalu basa bisa menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Untuk yang sedang merencanakan kehamilan, air kelapa muda bisa menjaga kesehatan reproduksi wanita.

Detoksifikasi

Racun yang masuk dalam tubuh bisa diperangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Racun dapat mengakibatkan efek yang buruk pada kesehatan. Untuk menghalau racun atau membersihkan tubuh, air kelapa muda bisa dikonsumsi secara rutin.

Deretan manfaat air kelapa muda diatas, semoga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Untuk mengurangi risiko, pilih air kelapa muda dari buahnya langsung. Anda juga bisa memilih airnya yang diambil dari kelapa serat merah yang dipercaya mengandung nutrisi lebih tinggi.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Mulai dari Mengatasi Dehidrasi hingga Detokfikasi, Kenali 10 Manfaat Air Kelapa Muda . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .