Cara Mencegah Klaster Keluarga dari Penyebaran COVID-19
Ilustrasi pencegahan COVID-19 (Sarah Kilian/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG- Kasus penularan virus corona yang berawal dari klaster keluarga kian mencemaskan. Jika sebelumnya banyak kasus terjadi dari klaster kantoran, kini di beberapa kota mulai banyak pasien positif COVID-19 yang berasal dari keluarga serumah. 

Menurut penjelasan dr Erlang Samoedro SpP(K), Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), melansir CNN, Senin, 19 Juli, klaster keluarga ini dapat terjadi bila salah satu anggota keluarga serumah terinfeksi dari luar, kemudian membawa dan menularkan virus di rumah. Misalnya, satu rumah ada empat orang, satu orang masih keluar rumah untuk bekerja. Kemudian, tertular di luar dan membawa penyakit ke anggota keluarga yang bahkan selalu di rumah. 

Lalu bagaimana tips melindungi diri dan anggota keluarga dari klaster ini? Yuk menerapkan protokol kesehatan di rumah! 

Selalu jaga jarak

Bila ada orang setiap hari, pastikan untuk menjaga jarak dengan anggota keluarga lain yang selalu diam di rumah. Bila memungkinkan, sediakan ruangan terpisah bagi orang yang masih harus menghindari kontak fisik seperti berpelukan, cium tangan, dan makan berdekatan. 

Kurangi interaksi bersama

Mungkin terasa aneh di awal, tapi ini bisa dilakukan untuk saling menjaga. Kurangi interaksi dengan anggota keluarga yang sering berkegiatan di luar rumah. Ini bisa dari masing-masing di tempat yang berbeda, menonton film secara bergantian atau di ruangan yang berbeda, dan jika perlu makan bisa jaga jaraknya. 

Langsungkan memeriksa diri bila ada gejala

Siapapun anggota keluarga yang merasakan gejala Covid-19 harus langsung diperiksakan. Terutama bagi yang masih beraktivitas di luar, harus rutin setidaknya sebulan sekali melakukan tes PCR untuk melindungi keluarganya di rumah. Jika ada yang sakit, pakai masker walau di dalam rumah. 

Jaga kesehatan dan kebersihan walau di rumah

Meski tetap di dalam rumah, jangan lupa rajin cuci tangan, makan makanan sehat, dan minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Usahakan yang terbaik untuk keluargamu sendiri yuk! 

bersihkan kebersihan rumah

Secara rutin, semprotkan disinfektan pada benda-benda yang sering disentuh bersama. Mulai dari pagar, pegangan pintu, dispenser, pintu kulkas, pegangan tangga, saklar lampu, juga remote TV dan AC.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul Pencegahan Klaster Keluarga dari Penyebaran COVID-19 . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .