Makan Sambil Tiduran Berdampak Buruk bagi Kesehatan, Berikut Bahaya yang Mengintai
Photo by Tim Samuel from Pexels

Bagikan:

PALEMBANG- Ada sebagian orang yang suka menikmati makanan sambil tiduran, entah sambil membaca buku atau menonton film. Padahal posisi makan sambil tidur bisa memengaruhi pencernaan tubuh.

Jika Anda tergolong orang yang suka makan sambil tiduran, sebaiknya kurangi atau hindari kebiasaan ini ya. Sebab, beberapa risiko kesehatan ini akan terjadi jika Anda sering makan sambil tiduran.

Memperlambat pencernaan

Salah satu risiko akibat makan sambil tiduran adalah pergerakan dan proses penilaian yang dilakukan. Posisi tidur mendukung naiknya asam lambung dan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan seperti kembung, mual, begah, dan sakit perut. 

peningkatan risiko GERD

GERD merupakan kondisi di mana esofagus bagian bawah tidak menutup dengan benar setelah menelan makanan sehingga memungkinkan asam lambung dan makanan naik kembali. Ternyata makan sambil tiduran dapat memicu GERD. 

pastikan, jangan makan sambil tiduran untuk mencegah GERD . Jika Anda penderita GERD, disarankan untuk tidak terjadi 3-4 jam setelah makan untuk mencegah asam lambung dan makanan kembali naik.

peningkatan risiko tersedak

Tersedak merupakan salah satu kondisi darurat yang terjadi karena makan sambil tiduran. Makanan yang masuk dan menyumbat saluran pernapasan jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.