Suka Makan Sambil Tidur, Waspadai Resikonya bagi Kesehatan
Ilustrasi makan (Tim Samuel from Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Beberapa orang suka makan sambil rebahan atau tiduran. Mereka merasa nyaman saat makan dalam posisi tersebut.

Biasanya, aktivitas tersebut dilakukan saat menonton atau membaca buku . menunjukkan, posisi makan sambil tidur bisa memengaruhi pencernaan tubuh.

Jika Anda tergolong orang yang suka makan sambil tiduran, sebaiknya kurangi atau hindari kebiasaan ini ya. Sebab, ini beberapa risiko yang terjadi pada kesehatan .

Memperlambat pencernaan

Salah satu risiko akibat sambil tiduran adalah pergerakan dan proses makan yang dilakukan. Posisi tidur mendukung naiknya asam lambung dan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan seperti kembung, mual, begah, dan sakit perut. 05 Februari 2021 19:51

Peningkatan risiko GERD

GERD merupakan kondisi di mana esofagus bagian bawah tidak menutup dengan benar setelah menelan makanan sehingga memungkinkan asam lambung dan makanan naik kembali. Ternyata makan sambil tiduran dapat memicu GERD. 

pastikan, jangan makan sambil tiduran untuk mencegah GERD. Jika Anda penderita GERD, disarankan untuk tidak terjadi 3-4 jam setelah makan untuk mencegah asam lambung dan makanan kembali naik.

Peningkatan risiko tersedak

Tersedak merupakan salah satu kondisi darurat yang terjadi karena makan sambil tiduran. Makanan yang masuk dan menyumbat saluran pernapasan jika dibiarkan dapat menyebabkan kematian.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .