Awas! Bahaya Tidur setelah Makan yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan
Bahaya tidur setelah makan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tidur setelah makan memang terasa nikmat bagi banyak orang. Namun faktanya kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk pada kesehatan. Ada beberapa bahaya tidur setelah makan yang perlu Anda tahu agar tidak mengalami masalah kesehatan. 

Saat perut terasa kenyang, memang sering memunculkan rasa kantuk hingga membuat orang-orang memilih rebahan atau tidur setelah makan. Jika Anda salah satunya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Kebiasaan tidur setelah makan bisa menyebabkan beberapa efek buruk bagi kesehatan dan penyakit-penyakit tertentu. 

Bahaya Tidur setelah Makan

Rasa kantuk yang bangkit setelah makan disebabkan oleh hormon yang dilepas karena proses pencernaan. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak, gula, dan karbohidrat tinggi juga jadi penyebab Anda merasa ngantuk setelah makan. 

Meski rasa kantuk menggoda Anda untuk terlelap, sebaiknya tahan dan jangan langsung tidur. Berikut ini beberapa bahaya tidur setelah makan yang wajib Anda tahu demi menjaga kesehatan tubuh.

Obesitas

Berdasarkan sebuah penelitian, kebiasaan tidur setelah makan bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Kondisi ini terjadi diduga karena lambatnya metabolisme tubuh dan kurangnya aktivitas untuk pembakaran kalori dari makanan yang masuk. Apabila kebiasaan tersebut terus dijalani maka lama-lama Anda bisa mengalami obesitas.

Masalah Pencernaan

Organ pencernaan dalam tubuh akan bekerja ekstra setelah Anda makan. Posisi tubuh yang baik akan membantu proses penyerapan makanan jadi lebih maksimal. Apabila Anda malah tidur setelah makan maka bisa memperlambat proses pencernaan karena tubuh dalam posisi miring. Jika metabolisme melambat maka Anda akan merasa kurang nyaman di area pencernaan hingga bisa membuat perut sakit. 

Memicu Serangan Stroke

Masalah kesehatan yang bisa terjadi dari kebiasaan tidur setelah makan adalah ancaman penyakit stroke. Berdasarkan penelitian dari University of Ioannina Medical School Yunani, kebiasaan tidur seusai makan bisa meningkatkan risiko terkena stroke. Jadi sebaiknya jangan langsung tidur setelah makan agar kadar kolesterol hingga gula darah tetap rndah. 

Mengganggu Kualitas Tidur

Berkaitan dengan munculnya masalah pencernaan, kebiasaan langsung ngorok setelah makan juga menyebabkan kualitas tidur Anda jadi berkurang. Kebiasaan buruk ini bisa membuat Anda kurang nyenyak saat tidur karena mengalami sakit perut, kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. 

Risiko Penyakit Asam Lambung

Saat Anda berbaring atau tidur setelah makan, maka berpotensi mengalami lambung. Kebiasaan tersebut tidak baik untuk kesehatan lambung, apalagi jika Anda baru makan dalam porsi banyak. 

Ketika Anda langsung tidur setelah kenyang makan, akan menyebabkan meningkatnya tekanan di dalam lambung. Kondisi ini akan membuat makanan dan cairan lambung dapat naik kembali ke kerongkongan hingga menimbulkan masalah GERD atau penyakit asam lambung. 

Meningkatkan Risiko Insomnia

Masalah lain yang bisa terjadi dari kebiasaan tidur setelah makan adalah risiko mengalami insomnia. Saat Anda langsung tidur setelah makan siang atau sore hari, maka bisa membuat Anda kesulitan tidur di malam harinya. Apabila kebiasaan ini terus diulangi, Anda bisa mengalami insomnia atau gangguan tidur. 

Demikianlah ulasan mengenai bahaya tidur setelah makan yang wajib Anda pahami. Mulai sekarang hilangkan kebiasaan langsung rebahan atau terlelap setelah makan jika tidak ingin mengalami masalah kesehatan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu terbaru menghadirkan dan terupdate nasional maupun internasional.