4 Cara Memasak Makanan Tanpa Pakai Minyak Goreng, Ternyata Bisa dan Tetap Nikmat Rasanya!
Ilustrasi memasak (Martin Lopez/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Kebijakan baru penerapan harga minyak goreng Rp14 ribu/liter dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia pada 26 Januari 2022. Penurunan harga dari yang sebelumnya Rp22 ribu/liter ini memunculkan fenomena panic buying di kalangan ibu rumah tangga hingga pebisnis makanan. 

Harga minyak goreng yang cenderung fluktuatif berpengaruh besar pada gaya konsumsi masyarakat. Pasalnya, minyak sangat dibutuhkan untuk memasak makanan. Padahal, ada metode memasak tanpa minyak yang lebih praktis dan hemat. Apa saja metode tersebut? Berikut tips dan ulasannya.

Memasak dengan wajan anti lengket

Memasak dengan wajan anti lengket jadi cara menggoreng mudah tanpa minyak. Biasanya, wajan anti lengket digunakan untuk menumis makanan seperti sayuran atau membuat telur orak arik. Bahan anti lengket pada wajan dibuat khusus sehingga aman digunakan tanpa minya.

Menggunakan air fryer

Metode lain memasak tanpa minyak goreng yaitu menggunakan air fryer. Alat penggorengan ini dibuat khusus sehingga dapat menggoreng makanan otomatis tanpa minyak, hanya dengan suhu dan durasi yang diatur.

Biasanya, air fryer digunakan untuk menggoreng kentang, ayam, ikan, dan beberapa jenis camilan seperti lumpia dan risoles. Hanya saja, Anda perlu mengoleskan sedikit minyak pada air fryer sebelum digunakan untuk memasak makanan yang dilapisi tepung maupun panir agar air fryer tidak cepat rusak.

Memanggang makanan

Agar tidak menghabiskan banyak minyak, Anda perlu mengganti teknik memasak dengan cara dipanggang. Meski metode ini lebih sering digunakan untuk memasak kue, namun Anda bisa membuat ayam hingga ikan panggang lezat dengan cara ini. Selain mudah, memanggang makanan juga tergolong lebih sehat.

Gunakan semprotan pengganti minyak

Jika Anda biasa menuang minyak sebelum memasak, coba gunakan alat bantu semprot. Dengan menyemprotkan minyak pada wajan, Anda bisa menghemat lebih banyak minyak goreng karena minyak dapat lebih mudah menyebar ke wajan saat disemprot dibandingkan dituang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.