Rekomendasi 3 Minyak yang Bisa Dipakai untuk Memasak, Tidak Selalu Minyak Sawit
Ilustrasi Minyak Goreng (Mareefe/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Bahan minyak digunakan untuk keperluan menggoreng maupun menumis. Namun untuk Saat sedang beraksi di dapur rumah mengolah makanan, tentu anda ingin memberikan yang terbaik terutama dengan penggunaan jenis minyak yang sehat.

Penggunaan minyak goreng atau minyak sayur secara berlebihan memang bukan pilihan tepat. Kandungan lemak jenuh minyak goreng bisa berisiko meningkatkan kadar kolesterol dan mengganggu kesehatan jantung.

Berikut beberapa tips bahan pengganti minyak goreng agar terhindar dari kolesterol yang bisa Anda pilih.

Minyak canola

Minyak canola memiliki titik asap 400 derajat Fahrenheit dan rasanya netral. Minyak ini cocok untuk menggoreng atau alternatif minyak goreng kelapa sawit yang umum digunakan. Namun karena rasanya cenderung netral, minyak canola tidak disarankan untuk hidangan tumisan yang butuh rasa lebih kuat.

Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan untuk memasak makanan dengan suhu hangat hingga suhu tinggi sebab memiliki kestabilan pada panas yang tinggi. Namun, minyak kelapa tidak akan cepat panas pada suhu yang tinggi.

Selain itu, minyak kelapa juga memiliki wangi yang harum sehingga cocok untuk dijadikan bahan membuat kue. Perlu diketahui, 92 persen kandungan minyak kelapa adalah lemak jenuh dan tahan terhadap oksidasi. Hal ini membuat minyak kelapa bisa dijadikan sebagai minyak goreng alternatif pengganti minyak sawit yang stabil.

Minyak zaitun

Minyak ini terbuat dari buah pohon zaitun dan mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan minyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Jenis minyak ini bisa menggantikan peran minyak goreng untuk menumis dan membuat sesuatu yang gurih.

Ghee

Ghee atau yang lebih dikenal dengan nama minyak samin adalah mentega yang dimurnikan. Kandungan susu dan airnya telah dihilangkan. Biasanya ghee digunakan untuk masakan tradisional India. Ghee cocok untuk memasak dan juga untuk memanggang.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.