5 Cara Manfaatkan Minyak Goreng Bekas, Jangan Dibuang seperti Mantan!
Minyak goreng bekas perlu dikelola. Atau Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan berikut ini. 

Bagikan:

PALEMBANG- Naiknya harga minyak goreng membuat ibu-ibu mengeluh dan kesal. Pasalnya minyak goreng menjadi kebutuhan pokok yang digunakan untuk memasak makanan. Jika Anda masih punya minyak goreng bekas, jangan dibuang sembarangan ya. Pasalnya, minyak jelantah jika dibuang di saluran pembuangan bisa mencemari ekosistem. 

Minyak goreng bekas atau dikenal dengan used cooking oil (UCO) merupakan minyak yang telah digunakan untuk memasak atau menggoreng. Mengutip Waste4Change, minyak goreng bekas tidak hanya ditemukan di industri pengolahan makanan dan restoran, tetapi juga di rumah tangga. Minyak goreng bekas pakai atau jelantah, berupa minyak nabati seperti minyak sawit, minyak canola, jagung, zaitun, dan minyak jelapa. 

Nah, minyak goreng sisa tersebut tidak boleh digunakan. Pasalnya bisa mengganggu kesehatan. Supaya tidak terbuang dan merusak ekosistem, minyak goreng bekas perlu dikelola. Atau Anda bisa memanfaatkannya untuk keperluan berikut ini. 

Pembuatan sabun

Sabun yang dibuat dari minyak goreng bekas disebut sabun lye. Sabun ini bisa dipakai untuk sabun piring atau perkakas dapur lainnya. Bisa juga untuk sabun mandi jika diolah secara tepat. 

Untuk membuatnya menjadi sabun, minyak goreng bekas 250 gram bisa dijernihkan dahulu. Kemudian campurkan dengan 40 gram soda api. Setelah dicampur, biarkan hingga suhu normal. Lalu masukkan pewarna makanan dan cetak menjadi beberapa bagian. Setelah mengeras, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencuci berbagai perkakas rumah tangga.

Minyak lampu

Dalam bentuk apapun, meski belum dijernihkan, minyak goreng bekas bisa dimanfaatkan menjadi minyak lampu. Caranya cukup mudah, Anda cukup membuat prinsip kapilaritas dari benang kasur atau sumbu kompor dipotong pendek. Beri pelampung berbahan aluminium tipis, dan Anda bisa menyalakannya untuk penerangan. 

Biodiesel

Minyak goreng bekas bisa jadi bahan utama pembuatan biofuel, atau dikenal juga dengan biodiesel. Ini juga menjadi alternatif bahan bakar terbarukan. 

Pakan ternak

Produsen pakan ternak, memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan. Namun prosesnya rumit dibanding membuat sabun yang bisa dilakukan di rumah. Bahkan tidak disarankan untuk membuatnya sendiri di rumah. 

Nah, solusi supaya tidak dibuang di wastafel tetapi tetap bisa dimanfaatkan, simpan di tempat tertutup rapat. Hindarkan dari barang elektronik atau sumber panas. Hindarkan juga didatangi serangga ataupun semut. 

Pelumas peralatan rumah tangga

Engsel pintu pagar yang macet, bisa dilumasi dengan minyak goreng bekas. Peralatan rumah tangga lain yang tempatnya di luar ruangan, bisa juga memanfaatkan minyak jelantah sebagai pelumasnya. Selain itu, minyak bekas pakai bisa juga membantu menghilangkan cat yang menempel. 

Itulah manfaat minyak goreng bekas. Disarankan untuk mengelolanya secara tepat, pertama agar tidak merusak keseimbangan ekosistem dan lingkungan. Kedua, memaksimalkan barang bekas sehingga menghemat dan mengurangi sampah rumah tangga yang tak terolah dengan baik. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkpa untuk anda.