5 Tips Belajar Masak, Teknik Pengetahuan Dasar Ini Perlu Dikuasai
Ilustrasi teknik dasar memasak (Unsplash/Becca Tapert)

Bagikan:

PALEMBANG- Jika anda punya hobi memasaka sendiri di rumah, maka ada banyak manfaatnya. Kadar pertama kesehatannya lebih terjaga dan diketahui. Kedua lebih hemat anggaran belanja.

Kita tahu kualitas bahan dipilih dengan baik saat memasak sendiri. Kita juga jadi tahu bagaimana cara mengolah suatu bahan secara tepat tanpa kehilangan nutrisi. Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai untuk mengolah sendiri makanan sehari-hari di rumah, mengetahui metode memasak paling mendasar.

Berikut teknik memasak yang belum Anda ketahui ataupun Anda cari, ini teknik-tekniknya yang bisa Anda pilih untuk mengolah menu sehari-hari.

1. Menu

Terdapat dua teknik menumis yang kerap disalah-artikan, yaitu tumis dan tumis goreng. Tumis atau dalam bahasa Prancis dikenal dengan  sauté  merupakan perpaduan antara goreng dan bakar. Umumnya,  tumis  dilakukan untuk memasak dengan tekstur bahan yang berbeda-beda. Seperti dalam satu menu berbahan sayuran, daging, dan mie. Ketiganya memiliki teksturnya masing-masing.

Sauté  memiliki arti 'melempar', ketika bahan sudah siap, mentega atau berbagai minyak panas di wajan. Ketika minyak dan wajan cukup panas, bahan-bahan dari tekstur paling rapat hingga sayuran. Ini dilakukan agar semakin cepat kecokelatan dan cenderung berkaramel.

Berbeda dengan menumis goreng atau dikenal dengan  deep-frying , cara ini biasanya dipakai pada masakan Asia. Panas wajan sangat tinggi, minyak sedikit, dan ukur bahan berdasarkan tekstur untuk ditumis pertama hingga terakhir. Ini dilakukan agar komponennya tidak terlalu matang.

2. Membakar

Membakar mengacu pada kecokelatan makanan, biasanya berkaitan dengan daging atau ikan dengan wajan dan api besar. Proses karamelisasi menggunakan gula alami, sehingga lapisan rasa lainnya akan muncul.

3. Merebus

Apakah Anda masih bingung membedakan dan dikukus? Keduanya berbeda teknik tetapi tujuannya sama, mengempukkan tekstur bahan. Teknik merebus, umumnya dipakai untuk mengempukkan daging, baik daging merah maupun unggas.

Merebus, merupakan teknik mengempukkan tekstur dalam panci panas dengan jumlah udara sedang. Biasanya penampang tutup memayungi panci sehingga cairan mengembun. Definisi merebus, dilansir  The Mom 100 , Senin, 21 Februari, mengacu pada memasak lambat dengan sedikit cairan.

4. Mengukus

Mengukus memanfaatkan aliran udara panas yang konsisten. Tekstur yang dihasilkan lebih lembut. Teknik mengukus populer dalam masakan Asia. Cara ini dengan panci dengan sari, di bawah air mendidih bahan dikukus diatas saringan. Biasanya air untuk mengukus memakai kaldu, anggur, atau  infused water  lainnya.

5. Memanggang

Berbeda dengan membakar, memanggang menggunakan teknik sumber panas. Panas bersirkulasi bisa membuat makanan empuk secara merata. Panggang dilakukan untuk memasak kentang, sayuran, ayam, daging sehingga warna kecokelatan berubah.

Tertarik untuk mengolah makanan di rumah dengan berbagai cara di atas? Catat tekniknya dan sesuaikan dengan tekstur bahan untuk menghasilkan hidangan yang nikmat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.