Menggoreng Pakai Air Fryer Lebih Cepat; Tapi Jangan Lakukan pada 7 Makanan Ini
Ilustrasi makanan yang tidak bisa digoreng dengan air fryer (Unplash/Sophia Louw)

Bagikan:

PALEMBANG - Kini banyak ibu-ibu yang memakai air fryer untuk memasak makanan. Air fryer merupakan teknologi memasak yang lebih cepat dan mudah dipakai. Ayam krispi yang dilapisi tepung roti bisa matang dengan sempurna hingga lapisan daging terdalamnya. Namun ternyata ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak digoreng dengan air fryer.

Air fryer menggunakan metode penggorengan dengan udara panas. Hasil penggorengan renyah di luar dan empuk di dalam. Umumnya, air fryer dengan ukuran tampung 3,5 liter tetapi ada juga yang bisa menampung hingga 6 liter. Dilansir Food Networking, berikut makanan yang baiknya tidak digoreng dalam air fryer.

1. Makanan berbahan adonan tepung

Adonan yang sangat basah, seperti adonan tepung jagung pada corndog, tidak akan berhasil jika dimasak dalam air fryer. Sebab setiap lapisan adonan tersebut sangat berat sehingga akan menetes melalui jaring-jaring keranjang sebelum sempat mengering. Supaya tidak hancur tetapi tetap memakai air fryer, tutup adonan basah dengan tepung roti sehingga mendapatkan bagian luar yang renyah.

2. Donat

Mungkin Anda membayangkan betapa mudahnya menggoreng donat jika memakai air fryer. Ternyata cara ini keliru, pasalnya makanan manis ini akan kering dan renyah. Bukan menjadi donat yang lembut di dalam adonan.

3. Ayam utuh besar

Kapasitas tampungan air fryer cukup terbatas. Anda tak bisa memaksakan ayam utuh ukuran besar masuk ke bagian fryer. Bahkan jika dipaksakan masuk, bagian dada ayam tidak akan matang secara sempurna. Artinya lebih disarankan memanggang dengan oven atau menggoreng dengan minyak goreng setelah diungkep dalam bumbu.

4. Bacon

Menggoreng bacon dengan air fryer bisa menyusahkan Anda membersihkan sisa penggorengan. Bacon merupakan irisan daging yang penuh lemak, ketika diolah dengan air fryer, lemak-lemak tersebut akan menyembur ke seluruh bagian dalam mesin.

5. Hidangan bertoping banyak keju

Sama kasusnya seperti menggoreng bacon, keju akan meleleh dan banjir ke bagian bawah fryer sebelum kering. Jika Anda membutuhkan keju, cobalah untuk mengubah resepnya. Misalnya dengan membuat keju menjadi isian, bukan toping. Selain itu, pastikan bagian terluar dilapisi tepung roti agar bisa renyah dan kering.

6. Sayuran hijau

Sayuran tertentu dengan tekstur yang tipis, baiknya tidak digoreng dengan air fryer. Sebab panas tinggi dalam mesin penggorengan akan membuat sayuran tersebut hancur karena akan masak lebih cepat. Efek lainnya mungkin sayuran masak tidak merata. Kecuali Anda membuat keripik dan bagian terluar dilapisi tepung basah dan tepung roti supaya renyah merata.

7. Biji-bijian

Dengan penggorengan udara, memasak biji-bijian nasibnya sama seperti memasak ayam utuh. Ia tidak akan matang sepenuhnya. Kecuali Anda memanaskan biji-bijian yang sudah dikeringkan. Atau jika membuat nasi goreng dengan air fryer, tambahkan saus wijen supaya mendapatkan nasi merah yang gurih.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkpa untuk anda.