Pemkot Pangkalpinang Menargetkan Bakal Bangun Empat Puskesmas Baru
Pemkot Pangkalpinang (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Empat puskesmas ditargetkan bakal dibangun oleh Pemkot Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas kesehatan masyarakat.

"Empat unit puskesmas baru tersebut sesuai dengan kebutuhan saat ini, untuk itu kami minta Kepala Dinas Kesehatan untuk merealisasikan rencana tersebut tanpa menggunakan dana APBD kota," kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil di Pangkalpinang, Selasa.

Menurut dia, dengan semakin banyak fasilitas kesehatan milik pemerintah yang dibangun di daerah itu akan semakin mudah dijangkau masyarakat sehingga pelayanan semakin baik.

Puskesmas di Pangkalpinang Diupayakan Buka 24 Jam

Selain mendekatkan pelayanan, Puskesmas di Kota Pangkalpinang diupayakan bisa buka 24 jam setiap hari agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih dekat dan penanganan cepat.

"Kita akan usahakan tenaga dokter Puskesmas di Kota Pangkalpinang siaga 24 jam, sehingga pelayanan kesehatan masyarakat lebih optimal," ujarnya.

Hal ini dikatakan Maulan Aklil usai meresmikan Puskesmas Girimaya yang dibangun menggunakan dana dana alokasi khusus senilai Rp5,3 miliar.

Maulan mengatakan sudah cukup lama Pemkot akan meresmikan puskesmas baru tersebut, namun baru bisa terealisasi hari ini karena pandemi COVID-19 yang berlangsung dan angka penularan virus di daerah itu cukup tinggi.

"Puskesmas ini fasilitas cukup lengkap, gedung memadai sehingga bisa melayani masyarakat dengan maksimal," katanya.

Puskesmas yang Ada di Pangkalpinang

Selanjutnya, Pemkot akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat agar bisa merealisasikan rencana penambahan empat Puskesmas baru di Pangkalpinang.

"Puskesmas Gerunggang sepertinya sudah tidak layak lagi. Mohon dukungan semua agar pemerintah pusat melalui dana alokasi khususnya bisa untuk membangun Puskesmas lainnya di Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Saat ini Kota Pangkalpinang memiliki sejumlah Puskesmas yang bisa dimanfaatkan warga, yaitu di Air Itam, Gerunggang, Girimaya, Kacangpedang, Melintang, Pangkalbalam, Pasirputih, Selindung dan Tamansari.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.